Jadi Destinasi Favorit, Ada 16 Ribu Pasangan Menikah di Bali Dalam Setahun

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 19 Mei 2019 07:04 WIB
Ilustrasi pasangan menikah di Bali. Foto: Dok. iStock Ilustrasi pasangan menikah di Bali. Foto: Dok. iStock

Denpasar - Bali jadi salah satu tempat pernikahan populer di seluruh dunia. Bahkan sebagai tempat destinasi pernikahan favorit, Bali menyelenggarakan total 16 ribu pernikahan dalam satu tahun.

Hal tersebut dikemukakan oleh Yano Sumampow dari Bali Wedding Easy. Ia pun mengungkapkan bahwa selain tujuan wisata, Bali jadi tempat pernikahan favorit untuk warga lokal hingga warga negara asing.

"Sekitar tahun 2000-an tiba-tiba booming, Bali jadi destinasi pernikahan untuk warga luar kota Bali, bahkan mancanegara," ungkap Yano di International Conference Center Bali, Kuta, Jumat malam (17/5/2019).



Pendiri marketplace wedding online yang fokus mempertemukan vendor wedding dan klien calon pengantin ini pun menambahkan bahwa biasanya mereka yang menggelar pernikahan di Bali sebelumnya sudah melaksanakan pernikahan terlebih dahulu. "Kita banyak nerima mereka nikah di luar di tempat asalnya dulu, jadi ini pesta nikah kedua yang lebih intim bareng teman dekat dan keluarga saja," imbuhnya.

Bahkan menurut Yano, banyak pernikahan di Bali dengan hanya mengundang 20 tamu saja. Berbeda di kota-kota lain seperti Jakarta dan Surabaya yang paket pernikahannya dengan 200 tamu hingga ribuan.

"Kita bagian dari wisata. Karena hampir semua hotel punya wedding, ditambah lagi untuk event planner hingga wedding planner," kata Yano.

Ilustrasi pasangan menikah.Ilustrasi pasangan menikah. Foto: iStock


Melihat banyaknya pernikahan yang diselenggarakan di Pulau Dewata, Bali Wedding Easy pun ingin memperkenalkan bahwa menghelat pernikahan di Bali itu tidak sulit dan tidak mahal. Lewat marketplace yang baru rilis pada Januari 2019 dan telah memiliki 72 vendor ini calon pengantin dapat dengan mudah merencanakan pernikahan impian mereka di Bali.

"Kita mulai untuk website, kumpulin vendor, ada MC, dekorasi, venue, fotografer dan videografer. Kita ingin memperkenalkan vendor-vendornya. Pengangtun bisa melihat sendiri berapa harganya dan bisa membandingkan. Mereka bisa menstandardkan diri mereka, cocok nggak nih dengan budget mereka," jelas Yano.

Pria yang sudah berkecimpung di industri pernikahan sebagai fotografer selama belasan tahun ini pun menambahkan bahwa harga untuk pengantin yang biasanya menikah di Bali berkisar antara Rp 50 hingga Rp 200 juta. (agm/eny)