Suvenir Pernikahan Anak Jokowi hingga Baim Wong Jadi Tren di 2019

Silmia Putri - wolipop Senin, 04 Feb 2019 16:45 WIB
Tren suvenir pernikahan. Foto: Ellinorline Gift Tren suvenir pernikahan. Foto: Ellinorline Gift

Jakarta - Pesta pernikahan mengalami perkembangan tren dari tahun ke tahun, mulai dari busana pengantin hingga suvenir. Tren pernikahan di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pengaruh tren global hingga pengaruh publik figur.

Ditemui di acara Bridestory Fair 2019 tepatnya di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, beberapa vendor suvenir pernikahan mengungkap jenis suvenir yang paling banyak diminati di beberapa waktu terakhir. Pemilihan suvenir pernikahan pun mengalami perubahan.

Suvenir Pernikahan Anak Jokowi hingga Baim Wong Jadi Tren di  2019Suvenir pouch dari Earl & Army. Foto: Silmia Putri/Wolipop


"Kalau dulu, suvenir pernikahan itu menjadi pilihan terakhir gitu. Nah, kalau sekarang, suvenir pernikahan itu lebih dipikirin dan para calon pengantin juga lebih milih sesuatu yang kepake," ungkap Imelda, pemilih vendor suvenir Earl & Amy kepada Wolipop, Jumat (01/02/2019).

Menurut Imelda, dua tahun terakhir ini banyak pengantin yang memili pouch sebagai suvenir pernikahan. Selain karena pouch memiliki banyak manfaat, pilihan pouch pun beragam mulai dari pilihan bahan hingga ukuran.

Pendapatnya ini ternyata senada dengan Lidya, pemilik Ellinorline Gift yang merupakan vendor suvenir pernikahan Kahiyang Ayu. Ayang, panggilan akrab putri Presiden Jokowi itu juga memilih pouch untuk suvenir pernikahannya.

Suvenir Pernikahan Anak Jokowi hingga Baim Wong Jadi Tren di  2019Suvenir pernikahan Kahiyang Ayu. Foto: Silmia Putri/Wolipop


"Setelah pernikahan mba Ayang itu, banyak banget yang bikin tiruannya dengan berbagai macam bahan dan berbagai macam budget," ungkap Lidya kepada Wolipop.

Setelah pernikahan Kahiyang Ayu, Ellinorline Gift juga menjadi vendor suvenir pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven. Entah kebetulana atau tidak, Baim dan Paula juga memilih pouch untuk suvenir pernikahan mereka.



Berbeda dengan Kahiyang, Baim dan Paula memilih pouch dengan ukuran lebih kecil dan desain lebih simple. Menurut Lidya, Baim dan Paula tidak begitu banyak permintaan. Proses pembuatan suvenir pun berjalan lancar.

Suvenir Pernikahan Anak Jokowi hingga Baim Wong Jadi Tren di  2019Suvenir pernikahan Baim Wong. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Selain pouch, produk lain yang menjadi tren suvenir pernikahan 2019 adalah botol minum. Hal ini diakui oleh pemilik vendor Red Ribbon Gift. Menurutnya, botol minum dan pouch naik daun karena memiliki manfaat, tidak hanya sebagai pajangan saja.

Banyak pengantin yang sudah mulai sadar pentingnya kebermanfaatan barang. Bahkan, beberapa pengantin sudah meminta vendor untuk tidak menggunakan packaging plastik agar mengurangi produksi sampah.

Budget suvenir pun cukup beragam. Ellinorline Gift menjual pouch mulai dari harga belasan ribu sesuai dengan desain dan kuantiti barang. Sedangkan Red Ribbon Gift menjual produk botol minum mulai dari Rp 50.000.
(sil/sil)