Calon Pengantin Wanita Ini Kabur Usai Terima Uang Rp 3,8 M dari Kekasih

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 20 Mar 2018 15:54 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Manhattan - Perasaan sakit dan kesal tentu dialami setiap orang yang dikhianati kekasihnya. Seperti yang dialami oleh pria asal China ini yang merasa sangat kesal, karena calon pengantinnya kabur setelah mendapatkan banyak uang darinya.

Pria bernama Jin Dong ini ditipu kekasihnya Yu-Qing Weng. Setelah memberikan uang tunai hadiah untuk pertunangannya senilai $ 287 ribu atau setara dengan Rp 3,8 miliar, Yu melarikan diri.

Jin Dong pun memutuskan untuk mengajukan kasus tersebut di Pengadilan Tinggi Manhattan untuk melawan mantan tunangannya. Menurut laporan New York Post, pasangan yang berasal dari Fujian, China ini merencanakan pernikahan pada Januari setelah bertunangan pada 2016.

Baca Juga: Cara Unik Wanita Cari Kekasihnya yang Kabur Ini Bikin Ngakak

Dong yang tinggal di New York ini mencatat dalam gugatannya bahwa sesuai dengan kebiasaan dan tradisi China, ia memberikan uang untuk biaya pernikahan dan hadiah. Gugatan tersebut juga merincikan biaya-biaya yang dikeluakan Dong untuk persiapan pernikahannya dengan Yu.

Beberapa diantaranya yaitu Rp 750 juta untuk venue pesta pernikahan, Rp 44 juta untuk foto pernikahan, Rp 24 juta untuk MC, Rp 54 juta untuk prosesi pernikahan, dan Rp 13 juta untuk kue. Dong juga membayar mahar sebesar Rp 850 juta, dengan tambahan Rp 71 juta sebagai hadiah apresiasi untuk calon ibu mertua. Dokumen pengadilan juga mengungkapkan bahwa Yu mendapat uang tunai $ 110 ribu atau Rp 1,4 miliar ditambah perhiasan emas pertunangan yang berharga sekitar $ 40 ribu atau Rp 540 juta.

"Saudara laki-laki dan nenek pengantin wanita masing-masing menerima $ 2.000 (Rp 27 juta) untuk antisipasi pernikahan legal," kata pengacara.

Baca Juga : 6 Alasan Menggelar Pernikahan Simpel Lebih Baik Ketimbang Pesta Besar

Tak lama setelah pasangan ini mengadakan perjamuan mewah, Yu meninggalkan rumah dan tidak pernah kembali. Gugatan itu menyatakan bahwa Yu mengambil semua uang dan perhiasan yang ia terima dan telah direncanakannya sejak awal.

Sementara itu mantan calon mertuanya telah mengembalikan Rp 20 juta. Tapi, Dong masih menuntut agar sisa uang yang telah ia berikan pada kerabat Yu dikembalikan juga.

Karena curiga bahwa pertunangannya itu palsu sejak mereka menolak mengembalikan uang, Dong meminta total Rp 3,8 miliar yang ia habiskan untuk pesta dan hadiah. Dalam dokumen pengadilan tersebut juga menyatakan bahwa Yu tidak pernah bermaksud untuk dinikahi Dong secara hukum.
(agm/agm)