Resep Pernikahan Bahagia Pasangan 70 Tahun: Tidak Pernah Adu Argumen

- wolipop Senin, 02 Feb 2015 18:45 WIB
ist.
Jakarta -

Menikah bukanlah perkara mudah bagi pasangan suami istri. Bukan sekadar tinggal bersama dalam jangka waktu lama, namun juga kemampuan menghadapi suatu konflik yang pasti terjadi ketika dua orang berkepribadian berbeda tinggal bersama. Meskipun pertengkaran pasti terjadi, namun bagi pasangan asal Inggris yang telah bersama selama 7 dekade ini, mereka mengaku tak pernah merasakan adu argumen selama menjalani pernikahannya.

Semenjak menikah di tahun 1971, pasangan Ernie dan Renie Hills telah mengalami berbagai macam hal bersama, namun tak pernah bertengkar ataupun adu argumen sekalipun. Pasangan ini percaya jika mereka menghadapi sesuatu dengan komunikasi yang baik dan mengutamakan bicara dari hati ke hati, tak ada yang namanya pertengkaran dalam rumah tangga.

Ernie yang kini berusia 97 tahun dan istrinya, Renie, 93 tahun, bekerja bersama di sebuah pabrik di London sejak Perang Dunia Kedua. Pertemuan mereka pun sederhana namun romantis. Saat Renie tengah memegang sepedanya di jalanan dekat rumahnya, seorang pria (yaitu Ernie) berjalan di sampingnya dan mengatakan: "Hei, maukah kamu menggenggamku seperti itu?" kenang Renie. Dan setelahnya mereka semakin dekat dan mengaku tak pernah bertengkar dengan nada tinggi sejak itu.

Pasangan ini mengatakan, bahwa kunci sukses pernikahan panjang adalah diskusi yang saling menguntungkan kedua belah pihak dan saling mengerti apa yang dibutuhkan pasangan lainnya. Ketika muncul 'bibit' pertengkaran, pasangan ini akan duduk bersama dan membicarakannya tanpa perlu suara bernada tinggi.

"Aku mengatakan apa yang menjadi pandanganku dan begitupun dia, dan kami saling berdiskusi untuk menyelesaikannya. Kami menikah--dia milikku, aku miliknya dan itulah bagaimana kami melihat ini," ujar Renie kepada Exeter Express And Echo.

"Tak ada gunanya bertengkar adu argumentasi," tambah Ernie. Sama seperti istrinya, Ernie mengaku hidupnya lebih bahagia karena tak pernah merasakan pertengkaran yang tak perlu.

Kisah Ernie dan Renie dapat menjadi inspirasi bagi pasangan yang menikah kini. Kebanyakan pasangan yang menemukan 'kerikil' di tengah perjalanan pernikahannya tanpa disadari lebih sering mendramatisir masalah. Tak jarang pula perceraian justru dipilih menjadi jalan keluar karena tak lagi merasa ada kecocokan. Dibanding meninggikan suara dan membuat suasana memanas, kenapa tidak belajar untuk berkomunikasi denga baik bersama pasangan. Duduk dengan santai, bicara dan cari jalan keluar bersama tentu akan menjadi pilihan yang lebih bijak daripada bertengkar.

(als/fer)