ADVERTISEMENT

Keuangan Pasangan Masih Labil? Lakukan Hal Ini Sebelum Memutuskan Menikah

- wolipop Senin, 02 Des 2013 19:03 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Untuk mengarah ke jenjang hubungan yang lebih serius lagi, tak cuma perasaan cinta yang dibutuhkan, tapi juga dukungan secara finansial. Banyak pula pasangan yang bimbang harus lanjut menikah atau tidak, saat berbicara masalah uang. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan? Jika hal ini juga tengah Anda alami, simak dulu tips dari psikolog dan konsultan cinta Wolipop, Ratih Ibrahim.

1. Berpikir Panjang
Tidak jarang wanita yang mengakhiri hubungan, karena si pasangan tak juga siap menikah. Baik dari sisi mental maupun finansial. Sebelum Anda merencanakan pernikahan dengan kekasih, sebaiknya pikir panjang lagi. Bersikaplah realistis dan bayangkanlah masa depan Anda sebelum menentukan pilihan.

"Sangat wajar bila kamu punya kekhawatiran mengenai faktor keuangan. Kecukupan finansial merupakan salah satu syarat utama untuk melangsungkan pernikahan. Memang tidak harus memiliki kekayaan yang berlimpah, tapi cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari (dan kebutuhan anak)," tutur Ratih Ibrahim.

2. Bicarakan dengan Pasangan
Bicara tentang keuangan memang topik yang sensitif. Tapi jika sudah yakin akan pria pilihan Anda, jangan ragu untuk mengungkapkannya langsung.

"Jika kamu masih merasa bimbang, tunda dulu keinginan untuk menikah sampai kamu yakin bahwa kamu dan dirinya siap baik secara finansial ataupun secara moril. Kemudian, apakah kamu sudah pernah membicarakan hal ini dengan pasanganmu? Saran saya, bicarakan hal ini baik-baik dengan pasanganmu. Ceritakan ketakutanmu pada dirinya," jelas Ratih Ibrahim.

3. Buat Perencanaan
Setelah berbicara, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan keuangan. Mulailah berandai-andai dan buat perencanaan masa depan jika Anda menikah nantinya. Misalnya saja pembagian pembayaran pengeluaran sehari-hari, atau memiliki akun bank bersama. Dengan begitu, Anda dan si dia bisa mulai menabung karena sudah memiliki tujuan hidup.

"Pembuatan perencanaan memang tidak akan serta merta langsung menghapus kebimbanganmu terhadap masalah ini. Namun, pembuatan perencanaan setidaknya akan mampu memberikanmu gambaran bagaimana nanti kalian akan menghadapi kebutuhan kalian jika kalian menikah. Semoga dengan mengetahui hal tersebut, kamu akan mendapatkan sedikit ketenangan dan mengurangi kebimbanganmu terhadap dirinya," tambahnya.

(als/als)