Indah Banget, Bunga di Taman Ini Ternyata Dibuat dari 3.000 Sampah Plastik

Hestianingsih - wolipop Minggu, 29 Sep 2019 21:00 WIB
Foto: Dok. Forever Tulip Garden Foto: Dok. Forever Tulip Garden

Basilan - Taman ini memiliki ribuan bunga tulip berwarna-warni yang indah. Bertempat di Lamitan City, Basilan, Filipina, tempat wisata bernama Forever Tulip Garden ini langsung menarik perhatian pengunjung yang datang dan berfoto untuk di-posting di Instagram.

Jika dilihat sepintas, tempat ini terlihat seperti taman bunga pada umumnya. Tapi sebenarnya ada yang betul-betul berbeda dari destinasi yang satu ini.

Semua bunga yang ada di Forever Tulip Garden bukanlah bunga asli, melainkan buatan. Seperti dikutip dari MSN, terdapat sedikitnya 30 ribu tulip berbagai warna yang terbuat dari botol plastik daur ulang.

Foto: Dok. Forever Tulip Garden

Sampah plastik dikumpulkan dan dikirim dari 45 daerah di Lamitan City. Bahkan jalanan menuju taman tulip juga terbuat dari botol plastik yang dihancurkan, kemudian diolah menggunakan semen, pasir dan kerikil.

Taman yang dibuka untuk publik sejak Senin (23/9/2019) lalu ini diinisiasi oleh berbagai pihak. Mulai dari stf Kantor Pelayanan Umum, voluntir, hingga warga.
Foto: Dok. Forever Tulip Garden

Pembangunan lokasi yang bernama lengkap Lamitan City Forever Tulip Garden and Tourism Center ini diharapkan bisa menyampaikan pesan agar masyarakat hingga dunia tidak seenaknya membuang-buang plastik. Bahwa penggunaan plastik secara berlebihan dapat membahayakan bumi.

"Kalau kita tidak berbuat sesuatu, taman ini akan menjadi taman tulip terbesar di negara ini dan makin besar saja di abad selanjutnya," demikian yang tertulis pada papan nama Lamitan City Forever Tulip Garden.
Foto: Dok. Forever Tulip Garden

Sementara itu Wali Kota Lamitan City Rose Furigay mengatakan, "Jadikan ini sebagai pengingat bagi semuanya agar lebih aktif berkampanye melawan penggunaan plastik sekali pakai."

Taman ini pun jadi cara kreatif namun menohok, untuk menyadarkan banyak orang, agar mengurangi pemakaian plastik. Bayangkan saja jika semakin banyak plastik sekali pakai digunakan, bukan tidak mungkin taman bunga 'palsu' ini akan menggantikan taman bunga segar yang asli. Ngeri, kan?

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)