Wanita Solo Traveling? Siapa Takut! Simak Tipsnya Ladies

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 11 Nov 2015 15:15 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Berlibur bersama sahabat atau keluarga mungkin sudah sering Anda lakukan. Seru memang karena Anda bisa berbagi momen kebahagiaan dengan orang-orang terkasih. Tapi, pernahkah Anda melakukan solo traveling atau melanglang buana di tempat asing seorang diri?

Travel blogger Nila Tanzil menemukan kenikmatan tersendiri ketika berwisata solo. Bagi wanita 37 tahun itu, liburan yang berkesan adalah bisa menghabiskan waktu berinteraksi dengan masyarakat setempat, berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan pasar tradisional, serta menghadiri upacara dan festival lokal. Semuanya itu mustahil ia lakukan jika berlibur dalam rombongan.

"Biasanya kalau pergi bareng keluarga atau teman, terutama cewek, mereka penginnya belanja terus. Nah, aku tuh engga suka belanja. Pas traveling aku lebih senang nongkrong bareng orang lokal," ujar pendiri Taman Bacaan Pelangi itu saat ditemui Wolipop di Nutrifood Leadership Award 2015, Selasa (10/11/2015).

Dari pengalaman sebelumnya, ia merasa solo traveling lebih berkesan karena banyak kejadian tidak terduga yang menginspirasi sekaligus membuatnya lebih bersyukur dalam memaknai kehidupan.

Seperti yang ia alami ketika mendaki gunung bersama para biksu di sebuah daerah di Mymanmar. Di tengah perjalanan mendakinya, Nila sempat melihat penghuni sebuah gubuk memberikan makanan kepada seorang biksu. Beberapa saat setelah meninggalkan gubuk yang atapnya hampir runtuh itu, sang biksu bertemu anak-anak lalu membagikan makanan tersebut kepada mereka.

"Dari solo traveling, saya belajar the art of giving," ujar wanita yang sudah menyambangi 32 negara itu.

Terinspirasi untuk berwisata seorang diri? Seperti Nila, Anda pun bisa melakukan solo traveling. Nila memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Jangan Takut
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah meyakinkan diri sendiri. Niat sudah ada, tapi sulit dimungkiri terkadang ada perasaan takut yang menghantui. Misalnya, takut tersasar sendiri atau diculik. "Jangan takut. Percaya diri saja selama pembawaan diri kita baik," ungkap Nila meyakinkan.

2. Berpenampilan Seadanya
Pastikan gaya berbusana Anda tidak berlebihan. Sangat disarankan untuk menyesuaikannya dengan adat istiadat setempat. Hindari pula penggunaan perhiasan yang mencolok agar tidak mengundang orang lain berbuat jahat.

3. Lakukan Riset Kecil-kecilan
"Do your own research," saran wanita yang bermimpi dapat diving ke Galaspagos suatu hari nanti itu. Sebelum melancong atau saat memilih destinasi liburan, lakukanlah semacam riset kecil-kecilan di internet. Misalnya mencari tahu adat istiadat setempat, waktu yang pas untuk berkunjung, cuaca, moda transportasi hingga situasi keamanan. 


(dng/dng)