Canggih! Dengan Alat Ini, Kamu Bisa Main HP Sambil Jalan Tanpa Takut Nabrak

Vina Oktiani - wolipop Senin, 17 Mei 2021 19:30 WIB
Teen watching media in a smart phone in the night sitting on a couch in the living room at home Ilustrasi Bermain HP/Foto: iStock
Jakarta -

Ponsel sejatinya sudah menjadi salah satu perangkat terpenting bagi setiap orang. Tak sedikit yang bahkan tidak bisa terpisah dari ponselnya. Sekalipun sedang berjalan, orang cenderung tetap mengecek dan bermain dengan ponselnya. Padahal hal tersebut bisa membahayakan diri sendiri.

Seperti dikutip dari Daily Star, untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang mahasiswa desain industri bernama Minwook Paeng menciptakan sebuah alat yang dinamakan 'Third Eye' atau mata ketiga. Alat tersebut dapat membantu para pengguna yang terlalu terobsesi dengan ponselnya untuk tetap bisa berjalan dengan aman.

Minwook mengembangkan perangkat canggihnya itu untuk studi akhir demi memperoleh gelar Innovation Design Engineering di London's Royal College of Art and Imperial College. Third Eye atau mata ketiga itu akan aktif secara otomatis saat penggunanya melihat ke bawah untuk melihat ponselnya. Alat canggih itu akan mendeteksi rintangan apapun yang akan menghalangi jalan penggunanya.

Alat canggih bagi pengguna yang tak bisa lepas dari ponselnya.Alat canggih bagi pengguna yang tak bisa lepas dari ponselnya. Foto: Instagram/minwookpaeng

"Komponen hitam yang terlihat seperti pupil adalah sensor ultrasonik untuk mendeteksi jarak. Saat ada hambatan di depan pengguna, sensor ultrasonik mendeteksi ini dan menginformasikan pengguna melalui buzzer yang terhubung," jelas Minwook.

Minwook juga menjelaskan bahwa penggunaan ponsel secara terus menerus bisa menyebabkan tabrakan serta bisa merusak postur tubuh. Orang yang terlalu sering menggunakan ponselnya berisiko terkena sindrom leher penyu, di mana tulang leher akan condong ke depan.

Minwook mengatakan bahwa dia berharap hasil karyanya itu bisa menjadi pengingat bahwa terlalu terobsesi dengan ponsel tidak ada gunanya. "Saya berharap tindakan yang secara ironis menunjukkan apa yang kita lakukan dengan ponsel dapat membantu orang meluangkan waktu untuk refleksi diri," terangnya.

(vio/vio)
eLife
×
Seks Anal dari Kacamata Medis
Seks Anal dari Kacamata Medis Selengkapnya