'Talk To The Hand', Sarung Tangan yang Bisa Berubah Jadi Ponsel

- wolipop Sabtu, 22 Jun 2013 11:19 WIB
Dok. Daily Mail Dok. Daily Mail

Jakarta - Sarung tangan sebagai alat komunikasi jarak jauh, mungkin sebuah inovasi yang terdengar 'gila'. Tapi benda tersebut benar-benar ada dan diciptakan oleh seorang seniman asal Inggris, Sean Miles.

Ia menciptakan sarung tangan yang membawa teknologi 'handsfree' --yang biasanya menggunakan earphone-- ke tingkat yang lebih canggih lagi. Cukup dengan mengenakannya di tangan, dan Anda bisa berkomunikasi jarak jauh di jalan atau tempat umum dengan lebih mudah.

Sarung tangan yang dinamakan 'Talk to the Hand' itu dihargai 1.000 Poundsterling atau sekitar Rp 15,4 juta per pasang. Dikutip dari Daily Mail, sarung tangan ini dilengkapi dengan speaker yang ditanamkan pada ibu jari, dan mikrofon di jari kelingking. Gadget unik ini bisa dikoneksikan dengan jenis ponsel apapun menggunakan Bluetooth.

Ide menciptakan 'handsfree gloves' ini datang dari keinginan Sean yang ingin menyosialisasikan kemungkinan untuk mendaur ulang gadget yang sudah tidak terpakai. Dia menggunakan sarung tangan Miu Miu dan Pineider bekas yang dikombinasikan dengan berbagai komponen ponsel bekas.

Dengan memakai sarung tangan ini, pengguna ponsel bisa membuat tangan mereka tetap hangat di cuaca dingin sekaligus berbincang lewat telepon tanpa harus mengeluarkan ponsel dari tas atau kantung baju. Sean membuat sarung tangan dalam dua warna, pink dan kombinasi coklat-kuning.

Sayangnya, 'Talk To The Hand' belum akan dipasarkan sebagai produk massal. Gadget inovatif ini baru akan ditampilkan di pameran pada Juli 2013 di Inggris. Jika permintaannya tinggi selama pameran, tidak menutup kemungkinan nantinya akan diproduksi dalam skala yang lebih besar.

Tujuan Sean satu, yaitu menyadarkan orang banyak untuk mendaur ulang gadget atau benda-benda elektronik untuk mengurangi penumpukan sampah serta limbah. Sebab menurut data dari O2 Recycle, saat ini ada sekitar 70 juta ponsel tidak terpakai yang menumpuk di Inggris.



(hst/hst)