5 Fakta Payudara yang Belum Tentu Pria Tahu, Bagian Sensitif Hingga Ukuran

Hestianingsih - wolipop Kamis, 05 Mei 2022 09:00 WIB
NEW YORK, NY - NOVEMBER 05:  Victorias Secret Angel Elsa Hosk wears The 2018 Dream Angels Fantasy Bra at The Plaza Hotel Palm Court on November 5, 2018 in New York City.  (Photo by Slaven Vlasic/Getty Images for Victorias Secret) Foto: Getty Images

Fakta Tentang Payudara Wanita

3. Ukuran Payudara Tak Selamanya Sama

Data dari National Institute of Health mengungkapkan, payudara wanita bisa berubah ukurannya ketika memasuki masa haid atau datang bulan. Hal itu terjadi karena adanya peningkatan hormon progesteron dan prolaktin sekitar seminggu atau dua minggu sebelum haid.

Peningkatan hormon tersebut membuat payudara bisa menampung lebih banyak air dan jaringan payudaranya serta kelenjar susu lebih berkembang. Perubahan itu pun menyebabkan ukuran payudara berubah. Pada beberapa wanita, payudara mereka bisa membesar lebih dari ukuran cup bra yang biasa mereka pakai.

Saat haid ini pria perlu lebih berhati-hati jika menstimulasi payudara istri. Stimulasi payudara yang biasanya bisa menambah libido, bisa terasa sebaliknya, menyakitkan dan tidak menyenangkan, demikian penjelasan dari Leah Millheiser, dokter di Stanford School of Medicine.



4. Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Bisa Berbeda

Penulis 'Do Gentlemen Really Prefer Blondes: Bodies, Behavior, and Brains -- The Science Behind Love, Sex, and Attraction', Jenna Pincot mengungkapkan dalam bukunya, sangat normal jika seorang wanita merasa payudara kiri dan kanannya berbeda ukuran. Ada 65% wanita yang mengatakan payudara kiri mereka cenderung lebih besar dari sebelah kanan. Kenapa hal itu terjadi? Belum ada penyebab pastinya. Diduga hal itu karena immune hypersensitivity, yang lebih tinggi di sisi kiri tubuh sehingga berdampak pada hormon dan menentukan ukuran serta bentuk payudara.



5. Warna Puting Berubah Setelah Menyusui

Kehamilan bisa membuat pigmen puting jadi lebih gelap. Dalam keadaan hamil, puting biasanya akan menjadi lebih gelap. Hal ini disebabkan berubahnya fungsi puting menjadi sumber ASI (Air Susu Ibu) bagi sang bayi. Menghitamnya puting bisa membuat bayi mengenali sumber ASI-nya. Sekali wanita menyusui, puting akan menjadi lebih gelap selamanya.

(eny/eny)