Perjuangkan Seksualitas Wanita, Seniman Ini Demo Pakai Lingerie di Keramaian

- wolipop Selasa, 25 Nov 2014 10:07 WIB
Dok. Facebook Dok. Facebook

Jakarta -

Seorang seniman panggung melayangkan protes atas pandangan negatif masyarakat terhadap tubuh wanita. Dalam berdemo, dia berdiri di keramaian dengan mengenakan lingerie dan membawa poster berisi tulisan protesnya.

Diana Oh itulah nama seniman dan aktris tersebut. Dia membuat 10 pertunjukan seni yang dinamainya 'My Lingerie Play.' Dalam pertunjukkan tersebut dia dan beberapa wanita lainnya berdiri di keramaian dengan memakai lingerie dengan tujuan memperjuangkan seksualitas wanita.

Dalam salah satu aksi seninya, Diana terlihat berdiri di atas sebuah kotak di beberapa titik keramaian di New York City seperti Union Square dan Time Square. Dia memegang beberapa kantong belanja berwarna cokelat yang dihiasi tulisan mengenai protesnya.

"Kami tidak meminta untuk dilecehkan, dianiaya atau direndahkan atau diperkosa, terlepas dari apapun yang kami pakai," kata Diana dalam video protesnya yang diunggahnya ke Facebook.

Lingerie dipilih sebagai judul pertunjukkan karena menurutnya orang-orang sering merasa terancam dengan kata tersebut. "Kita harus hentikan penghinaan dan penghilangan hak sebagai manusia ini kekerasan terhadap wanita di seluruh dunia sehingga bukanlah suatu hal yang dapat diterima," ucapnya lagi.

Diana mengatakan seksualitas wanita seharusnya menjadi milik si wanita itu sendiri. Dalam pandangannya, wanita seharusnya bisa bebas mengekspresikan diri dan tubuh mereka tanpa harus menjadi subyek untuk didiskriminasikan atau kejahatan.

"Solusinya adalah bukan dengan meminta wanita menutupi tubuhnya. Solusinya adalah bukan dengan mengatakan pada wanita untuk berhenti menjadi makhluk seksual. Solusinya adalah dengan mengubah cara kita membicarakannya," demikian tegas Diana.

Sampai saat ini Diana masih terus melayangkan protesnya. Dia berpergian ke berbagai tempat. Dalam akun Facebook 'My Lingerie Play' diinformasikan lokasi mana saja yang akan dia datangi. Pada 30 November mendatang dia akan tampil dengan lingerie di Ensemble Studio Theatre, New York.


(eny/fer)