4 Cara Baru Tingkatkan Gairah Seks Berdasarkan Penelitian

- wolipop Selasa, 01 Apr 2014 20:03 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Makan tiram, menonton film erotis, pijat sensual atau mengenakan lingerie seksi merupakan beberapa cara yang umum dilakukan untuk meningkatkan gairah bercinta. Namun jika dilakukan berulang-ulang, bukan tidak mungkin teknik-teknik tersebut menjadi tidak ampuh lagi. Menurut Irwin Goldstein, M.D., direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital, San Diego, meskipun teknik tersebut berhasil membangkitkan hasrat seks namun cepat atau lambat juga bisa jadi membosankan. Akhirnya Anda maupun pasangan harus mencari tantangan baru.

Bicara soal tantangan dalam eksperimen bercinta, ada beberapa trik unik yang bisa Anda coba. Cara ini pun sudah terbukti efektivitasnya melaluli penelitian. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari CNN.

1. Olahraga Ekstrem
Ketimbang berjalan-jalan di pantai untuk menikmati terbenamnya matahari, cobalah belajar surfing bersama pasangan. Berdasarkan studi dalam jurnal 'Archives of Sexual Behavior', pria maupun wanita akan melihat lawan jenisnya lebih menarik setelah adrenalinnya terpacu.

"Saat melakukan sesuatu yang mendebarkan, jantung Anda akan berdetak lebih cepat dan sistem syaraf yang mengatur rasa berdebar diaktifkan. Kondisi ini sama ketika Anda terangsang secara seksual," ujar Cindy Meston, Ph.D., ketua dan salah satu penulis penelitian berjudul 'Why Women Have Sex.'

2. Yoga
Latihan yoga tidak hanya membuat bugar dan menjaga elastisitas tubuh, tapi juga bisa meningkatkan libido. Hal ini terungka dalam penelitian yang dimuat dalam 'Journal of Sex and Marital Therapy.' Banyak pose dan gerakan yoga yang membuat Anda lebih 'kenal' dengan tubuh sendiri, yang akhirnya juga bisa membantu Anda menemukan seksualitas. Yoga umumnya dilakukan untuk membantu wanita maupun pria dengan masalah seks tapi menurut Lori Brotto, Ph.D., latihan ini bisa dilakukan siapa saja yang ingin meningkatkan sensitivitasnya terhadap orgasme dan melancarkan aliran darah ke area genital.

3. Salaman Jari Kelingking
Sentuhan sekecil apapun dengan pasangan bisa membangkitkan gairah seks Anda. Bahkan ketika hanya berpegangan tangan atau salaman jari kelingking. Irwin mengatakan, "Bentuk sentuhan sekecil apapun bisa melepaskan oksitosin, hormon yang bisa meningkatkan rangsangan seks dan kedekatan emosional."

Namun sentuhan ini ada triknya, yaitu berpegangan atau bersentuhanlah secara spontan. Misalnya saat Anda menonton TV bersama, makan malam atau berjalan-jalan berdua di malam hari. Rasa terkejut yang muncul karena disentuh pasangan dengan tiba-tiba akan mengaktifkan neurotransmitter pada otak yang berhubungan dengan respon seksual. Jadi sesekali jangan ragu mendekap pasangan Anda dari belakang, memeluk pinggangnya atau menyentuh tangannya secara tiba-tiba.

4. Minta Pasangan Pakai Baju Merah
Pria yang mengenakan busana berwarna merah bisa membuat wanita timbul gairah bercintanya, menurut studi yang dilakukan di University of Rochester. "Merah menyimbolkan status dan kekuasaan, dan itu yang membuat wanita bergairah," jelas profesor psikologi Andrew J. Elliot, Ph.D. Jadi sebelum bercinta, yakinkan pasangan untuk mengenakan busana merah; T-shirt atau boxer sebelum bercinta atau saat foreplay.

(hst/hst)