ADVERTISEMENT

Pameran Kain WARISAN Digelar di JCC, Senayan, Masuk Gratis Kalau Pakai Batik

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 24 Agu 2022 16:45 WIB
Pameran Kain WARISAN 2022 Pameran Kain WARISAN. Foto: Dok. WARISAN
Jakarta -

Setelah tertunda dua tahun karena pandemi, pameran wastra nusantara WARISAN kembali hadir. Diikuti 125 peserta, WARISAN menghadirkan batik, tenun hingga mutiara laut.

Pameran WARISAN digelar 24 - 28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran yang diselenggarakan PT. Mediatama Binakreasi ini diadakan secara offline setelah dua tahun tak digelar karena pandemi.

Pameran WARISAN 2022 mengusung tema Batik Sekar Jagad yang merupakan simbol kesatuan dan memiliki makna mendalam untuk menghargai perbedaan serta keanekaragaman dalam sudut pandang keindahan. WARISAN 2022 diharapkan dapat membangun dan meningkatkan brand awareness produk wastra terbaik serta mutiara asli Indonesia kepada pengunjung pameran.

Fokus produk yang ditampilkan dalam pameran WARISAN 2022 meliputi batik, tenun dan mutiara laut. Batik yang dikhususkan dalam pameran ini adalah batik tulis, batik kombinasi tulis & cap serta batik cap yang diproses 100% menggunakan malam panas. Adapun tenun yang dipamerkan merupakan tenun asli ataupun songket dan mutiara asli Indonesia yang merupakan mutiara laut selatan atau south sea pearls.

WARISAN 2022 diikuti oleh 125 peserta dengan jumlah stan terbangun sebanyak 132 stan. Pameran ini diikuti oleh para perajin, produsen dan pengusaha batik, tenun, dan mutiara, para eksportir, agen dan distributor, para kolektor, Asosiasi & Komunitas, BUMN & BUMD, serta dinas pemerintahan pusat maupun daerah. WARISAN 2022 menargetkan 7.500 pengunjung dengan nilai transaksi Rp 15 miliar.

Pameran WARISAN 2022 dibagi menjadi tiga sesi waktu kunjungan pada setiap harinya. Pengunjung yang datang tidak dikenakan tiket masuk atau gratis apabila menggunakan batik, tenun atau mutiara sebagai aksesori, atribut atau pakaian yang dikenakan.

Pameran ini juga didukung oleh beberapa kementerian seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi & Usaha Kecil & Menengah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan KUKM Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga dukungan dan kerjasama dari asosiasi-asosiasi seperti Yayasan Batik Indonesia (YBI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (ASBUMI), Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), Asosiasi Produsen dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).



Simak Video "Pameran Kain Oscar Lawalata Buat Takjub Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)