Ramai Artis Punya Spirit Doll, Ini Kisaran Harga yang Dijual di Online Shop

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 03 Jan 2022 14:45 WIB
Spirit doll dan enamartis yang mengadopsi spirit doll. Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Spirit doll belakangan ramai jadi perbincangan dan semakin banyak dicari orang. Sesuai namanya boneka itu bukan sembarangan mainan tapi dikatakan menyimpan arwah. Spirit doll belakangan viral karena sejumlah selebriti memamerkan koleksi mereka, termasuk Ivan Gunawan dan Celine Evangelista. Di Indonesia, spirit doll bisa ditemukan di beberapa situs belanja.

Tren spirit doll dilaporkan berasal dari Thailand. Boneka yang disebut Luk Thep dipercaya diisi oleh roh-roh pembawa keberuntungan karenanya diperlakukan seperti anak sendiri. Tak hanya diberi pakaian, dikatakan jika 'bayi' ini diberi makanan dan dirayakan ulang tahunnya.

Spirit doll sepintas mungkin terlihat seperti boneka bayi biasa. Tapi boneka tersebut disebut berisi arwah yang bisa membawa sejumlah manfaat bagi pemiliknya. Beberapa sumber menyebutkan spirit doll bisa jadi berbeda dengan boneka arwah (luk thep). Dikatakan jika arwah yang masuk ke dalam spirit doll bukan arwah manusia tapi sejenis peri. Sedangkan luk thep diisi arwah manusia yang sudah meninggal.

sprit doll atau boneka arwahspirit doll atau boneka arwah Foto: Dok. Brand

Beberapa artis mengaku membeli boneka arwah dari kolektor bernama Furi Harun. Wanita yang punya 349 boneka arwah dari berbagai negara itu menjualnya di akun Instagram. Namun belakangan spirit doll juga mulai dijual di situs belanja, seperti Bukalapak dan Lazada meski tidak bisa dibilang banyak.

Di situs belanja umumnya boneka arwah ditawarkan dengan cara adopsi. Selain spesifikasi boneka, di keterangan umumnya dijelaskan mengenai siapa spirit yang menghinggapi hingga manfaatnya. Beberapa menuliskan jika boneka arwah itu bisa membantu meningkat rezeki, menjadi daya tarik, bahkan melindungi pemilik. Sedangkan untuk tata cara, nama, dan riwayatnya terkadang baru diberikan setelah transaksi.

sprit doll atau boneka arwahspirit doll atau boneka arwah Foto: Dok. Brand

Di situs belanja, boneka tersebut dijual dalam berbagai macam rupa dan harga. Umumnya, spirit doll atau boneka arwah dijual seharga jutaan tapi tak sedikit pula yang menawarkan dengan harga ratusan ribu.

Toko Kiseki Amulet menawarkan open adopt spirit doll anak perempuan seharga Rp 3 jutaan. Disebutkan jika spirit anak-anak dalam boneka sudah diritualkan untuk menjadi spirit yang baik.

Adapun Planet Cakra Bali Official yang menawarkan boneka spirit dengan harga dimulai Rp 400 ribuan hingga Rp 3 jutaan. Dalam keterangannya disebut bagaimana memperlakukan boneka arwah tersebut, seperti makanan atau minuman apa yang bisa diberikan. Sedangkan di beberapa e-commerce lain postingan mengenai spirit doll atau boneka arwah sudah tidak bisa ditemukan.

spirit doll atau boneka arwahspirit doll atau boneka arwah Foto: Dok. Brand
(ami/ami)