Rekomendasi Essential Oil Terbaik untuk Jaga Imunitas Tubuh

Nurcholis Maarif - wolipop Jumat, 30 Jul 2021 21:46 WIB
Foto: Utama Spice Foto: Utama Spice

Peningkatan Penjualan Lewat Online Selama Pandemi

Utama Spice sudah berdiri sejak 1989 di Ubud, Bali. Awalnya produk aromatherapy, face care, bath and body, dan wellnes berbahan alami yang dibuat hanya untuk keperluan pribadi. Adapun ramuan produk alami berupa sabun hingga kesehatan ini merupakan racikan tangan sendiri ibu Ria yang berasal dari Inggris.

"Ibu saya lihat di Bali, di Indonesia itu banyak produk penuh dengan (bahan) kimia kan, jadi ngga mau menggunakan produk tersebut kepada saya atau adik saya. Jadi dia sendiri ke dapur, kita perlu sabun dia buat sabun, dia buat lotion. Anjing saya sempat sakit, dia buat formula (dari bahan-bahan alami)," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang datang ke rumah Ria untuk meminta produk alami yang dibuat ibunya. Barulah pada tahun 1995, produk-produk Utama Spice mulai dijual, baik secara ritel dan terutama untuk spa di hotel-hotel yang ada di Bali.

"Lebih ke spa karena waktu itu kita buat body scrub, minyak pijat, essential oil, dari sanalah masuk spa dulu. 95 juga ada ekspor, karena ada orang Amerika dia dengar kalau ada seorang yang di Ubud yang memproduksi dia minta barang untuk dijual di tokonya," ujarnya.

Produk Utama SpiceProduk Utama Spice Foto: Utama Spice

Saat ini Utama Spice sudah punya toko offline di Plaza Indonesia dan Plaza Senayan. Selain itu, produk-produk Utama Spice juga sudah diekspor ke banyak negara dan bahkan memiliki distributor resmi untuk Singapura, Australia, Taiwan, Amerika Serikat, UK, dan Jepang.

Lebih lanjut Ria mengungkapkan pandemi membuat penjualan Utama Spice lebih banyak menggunakan platform online, misalnya melalui platform Tokopedia. Penjualan lewat online bahkan beberapa bulan terakhir bisa meningkat dibanding offline.

Utama Spice sendiri 2,6 ribu follower di Tokopedia dengan 15,7 ribu produk sudah terjual dan bintang 4.9. Peningkatan penjualan produk Health and Personal Care itu linear dengan catatan Tokopedia yang mencatat adanya peningkatan transaksi tertinggi selama Q2 2021 pada kategori tersebut.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(ncm/ega)