6 Cara Aman Belanja di Pasar-Supermarket Saat PPKM Darurat

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Selasa, 13 Jul 2021 08:30 WIB
Ilustrasi belanja buah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil keputusan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali. Kebijakan ini membatasi sejumlah aktivitas, termasuk aktivitas jual-beli di pasar, supermarket dan toko kelontong.

Meski tetap buka namun toko yang menyediakan kebutuhan esensial masyarakat harus menerapkan beberapa pembatasan. Salah satunya terkait batas kapasitas pengunjung yang hanya 50 persen.

Dengan adanya kebijakan tersebut, artinya masyarakat tetap diperbolehkan belanja, namun dengan mematuhi protokol kesehatan dan aturan yang berlaku. Supaya tetap aman, berikut kiat-kiat belanja di masa PPKM Darurat seperti dikutip dari laman covid19.go.id.

Buat Daftar Belanja

Dengan daftar barang-barang yang hendak dibeli akan semakin membuat kegiatan berbelanja semakin efektif. Oleh karena itu sebelum pergi ke pasar atau supermarket, catat terlebih dahulu barang apa saja yang sedang dibutuhkan. Apalagi mengingat pengunjung yang dibatasi sebanyak 50 persen dari kapasitas sebenarnya. Waktu belanja yang cepat akan membuat kamu bisa cepat bergantian dengan pengunjung lainnya.

Pakai Masker Ganda

Di situasi seperti saat ini, pemakaian masker tunggal sudah tidak disarankan. Masyarakat diminta untuk memakai masker medis yang didobel dengan masker kain saat bepergian ke luar rumah. Apalagi ke pasar atau supermarket yang notabenenya akan bertemu dengan banyak orang. Masker ganda ini bisa mengurangi risiko penularan COVID-19.

Jaga Jarak 1M

Hindari berdesakan di tempat umum, seperti pasar atau supermarket. Hal ini mengingat virus Corona lebih mudah menyebar di keramaian. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak saat sedang berbelanja. Idealnya kamu harus menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter guna meminimalisir potensi penularan COVID-19.

Selalu Bersihkan Tangan

Virus bisa menyebar secara tidak langsung lewat benda-benda yang ada di sekitar, seperti uang ataupun benda lainnya. Untuk itu, sebaiknya kamu membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini penting guna mematikan virus yang menempel pada tangan. Apabila tidak ada, sabun bisa digantikan dengan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Hindari Mengunjungi Banyak Tempat

Berada di luar rumah tentu meningkatkan risiko tertular virus Corona. Untuk meminimalisirnya, sebaiknya kamu mengurangi pergi ke banyak tempat. Kamu bisa membeli kebutuhan sehari-hari pada 1 tempat, seperti pasar atau supermarket yang jaraknya tidak jauh dari rumah. Hindari pergi ke beberapa tempat sekaligus jika tidak mendesak. Sebab semakin lama kamu berada di luar rumah, risiko penularan juga semakin tinggi.

Belanja via Online

Jika memungkinkan sebaiknya kegiatan belanja dialihkan melalui platform digital. Selain mudah, belanja kebutuhan secara online jadi pilihan yang aman untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak aplikasi yang mempermudah aktivitas membeli kebutuhan, seperti sayur, buah, daging, dan lainnya.

Selain 6 hal tadi, ingat untuk selalu taat dan patuh pada peraturan penanganan COVID-19 serta PPKM Darurat yang telah ditetapkan pemerintah setempat. Dengan begitu kamu bisa melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dari COVID-19. Tak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk mengikuti #vaksinasi. Pasalnya #vaksinmelindungikitasemua dari penyebaran pandemi COVID-19 yang masih masif di Tanah Air.



Simak Video "Bisnis Foto Prewed Tiarap saat Pandemi, Fotografer Putar Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)