Liputan Khusus Endorse Selebgram

Viral Curhat Pemilik Online Shop Saat Endorse Seleb TikTok, Bikin Kapok

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 17 Jan 2021 13:00 WIB
Pemilik online shop @azloe.id, Vivi Ratu Andaresta. Vivi Ratu Andaresta . Foto: Dok. Twitter @viviratuand.
Jakarta -

Beredar viral di Twitter curhatan seorang wanita pemilik online shop yang memakai jasa endorse selebriti TikTok. Dia menghubungi kontak selebriti TikTok tersebut dengan baik-baik dan meminta honest review (penilaian yang jujur).

Namun ketika sudah tranfer uang yang diminta, admin selebriti TikTok tersebut malah tak menanggapi pesannya. Lewat akun Twitternya @viviratuand, dia membuat Thread dan menceritakan kejadiannya.

"BUAT SEMUA ONLINE SHOP!!! Tolong dengan sangat belajar dr pengalaman aku, org ini sangat amat tidak profesional dalam perihal ENDORSEMENT! Dari mulai cara baik-baik tp tetep ga bisa diajak kerja sama ini org jd mungkin aku ngeluarin disini. A THREAD!" tulis akun Twitter @viviratuand.

Pemilik online shop @azloe.id, Vivi Ratu Andaresta.Pemilik online shop @azloe.id, Vivi Ratu Andaresta. Foto: Dok. Twitter @viviratuand.

Ia mengaku sudah membayar sesuai dengan rate card yang diberikan oleh admin si selebriti TikTok. Seharusnya sesuai perjanjian awal, produknya akan diposting sebelum 12 Januari 2021. Namun di waktu yang disepakati tersebut, sang seleb TikTok belum membuat review produknya. Ia pun mulai merasa curiga, apalagi saat dihubungi admin akun si seleb TikTok mengungkapkan banyak alasan.

"Belibet, banyak alasan, jarang buka WhatsApp lah, tugas kampus lah, keluar kota, ga di rumah dll masih banyak. Masih gak posting juga, akhirnya aku post lah di Instagram, followers ku baik-baik bantu comment dipostan dia tanpa aku minta dan masih banyak lagi. Akhirnya...," Vivi menunjukkan tangkap layar pengikutnya yang spam comment di akun selebriti TikTok itu.

Admin dari selebriti TikTok kembali berkilah. Sang admin mengaku baru ganti ponsel. Dan dia berjanji akan mengembalikan uang yang sudah Vivi berikan.

"Pusing ga tuh jd gue? Lempar sana lempar sini tapi ujung-ujungnya gue yang diblock di nomor ini padahal janji dia hub ke nomor ini aja, eh balik lagi ke nomor awal dan responsenya sperti ini. DEMI TUHAAAN LIAT VIDEO NYA AJA BLM DIA KIRIM JG ENGGA," ujarnya geram.

Setelah Vivi membuat unggahan di Twitter dan Instagram, muncullah konfirmasi dari selebriti TikTok itu di akun Instagramnya. Sang seleb TikTok berdalih jika videonya di Takedown oleh pihak TikTok. Ia tak terima jika disalahkan dan juga disudutkan. Dia merasa nama baiknya dirusak.

"Sekarang laganya jadi gue yang disalahin? 700rb tidak mendapatkan video 15detik pun TIDAAAAK," tulis Vivi lagi yang mengaku nomer ponselnya sudah diblokir admin akun sang seleb TikTok.

Pemilik online shop @azloe.id, Vivi Ratu Andaresta.Pemilik online shop @azloe.id, Vivi Ratu Andaresta. Foto: Dok. Twitter @viviratuand.

Hingga kini unggahan Vivi di Twitter tersebut sudah mendapatkan lebih dari 1.600 Likes, 640 Retweets dan 137 komentar. Warganet pun langsung menanggapi postingan tersebut.

"Ini tindakan yang tidak bertanggung jawab, semoga anda lekas sadar ya. Semangat Vii, you got this," ucap akun @MFaizGhifari.

"kejar terus mbak.. apa-apaan kayak gitu, intinya maunya dia itu cuma satu kalo mau diupload ulang/bikin video ya harus bayar lagi,coba aja dah basa basimau bayar lagi pasti langsung cepet ditanggepinnya," geram akun @callmeHIRAETH.

"Lah knapa si 700rb vs nama baik loh. Kalau pun males bikin video, yauda ngomong aja males, balikin duit. Udah. Video di-take down, pasti masi ada autosave di HP.. Klo di HP udh kehapus, biasanya masi ada di google photos / icloud.. Ga yakin content creators bkin vdeo gak disave," saut akun @jayanayu.

"lain kali sebelum endorse cek track recordnya ka :) better endorse ke yg gapernah bermasalah di sosmed maupun real life," saran dari akun @@SatriAkbarN.

Wolipop sudah menghubungi Vivi Ratu Andaresta yang curhat soal penggunaan jasa endorse seleb TikTok tersebut di akunnya @viviratuand. Vivi merupakan pemilik online shop @azloe.id.

Dia pun mengungkapkan alasannya mengapa membuat postingan tersebut di akun Twitternya. "Dari awal aku bikin Thread itu kan memang untuk bantu online shop lain. Jadi pas viral banyak orang yang jadi belajar lewat Thread itu dan nggak asal endorse. Tahu kalau viral di hari itu banyak banget yang DM karena Threadnya jadi banyak yang baca," kata Vivi saat diwawancara Wolipop belum lama ini.

(gaf/eny)