Cari Uang Selama Pandemi, Wanita Ini Jual Baju Orang Mati Sambil Jadi Zombie

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 12 Jun 2020 09:04 WIB
Participants take part in a Zombie Walk parade in Rio de Janeiro, Brazil November 2, 2017. REUTERS/Pilar Olivares Ilustrasi Cosplay Zombie. Foto: REUTERS/Pilar Olivares
Jakarta -
Seorang wanita asal Thailand jadi perbincangan online karena pekerjaannya yang tak biasa. Yakni menjual busana bekas dari orang-orang yang sudah meninggalkan yang dipasarkan secara online . Bukan hanya itu, penjual bernama Kanittha Thongnak tersebut juga menyesuaikan penampilannya dengan berdandan seperti Zombie.


Kanittha Thongnak sudah cukup lama berjualan busana bekas. Biasanya ia menjajakan baju-baju tersebut di jalanan di Chon Daen, Thailand. Tapi semenjak COVID-19, Kanittha jadi tidak bisa berjualan di jalanan lalu mulai mencoba peruntungannya pada bisnis online seperti kebanyakan toko selama pandemi Corona. Saat itu lah ia terpikir cara unik untuk memasarkan jualan.

zombie jualan baju bekaszombie jualan baju bekas Foto: Facebook

Tak hanya memposting foto baju-baju, Kanittha juga melakukan livestreaming untuk memperlihatkan jualannya secara lebih jelas. Ketika cara tersebut awalnya tidak terlalu mendapatkan banyak pelanggan, Kanittha pun mendapat ide unik untuk berdandan seperti Zombie mengingat kebanyakan baju yang dijualnya adalah bekas orang mati.

Ide ini pertama kali terlintas ketika wanita 40 tahun tersebut tidak bisa mendapatkan air untuk mencuci wajah sebelum streaming di malam hari. Ia lalu menggunakan foundation warna terang yang malah membuatnya terlihat seperti hantu. Tampilan itu lalu digunakan saat live streaming yang malah membuatnya jadi banyak penonton.

zombie jualan baju bekaszombie jualan baju bekas Foto: Facebook

Kanittha memang sering streaming di malam hari, biasanya pukul 22:00 sampai 03:00. Meski cukup menakutkan dilakukan di malam hari, banyak orang menontonnya hingga pagi. Dalam lima hari, jumlah penontonnya melonjak hingga 4,000 orang begitu juga dengan penjualannya.

Ketika tidak berjualan busana, Kanittha menghabiskan banyak waktunya di kuil terdekat di mana baju-baju orang yang sudah meninggal dibersihkan oleh para biksu. Setelah mengambil baju-baju dari sana, Kanittha akan menjadi model untuk jualannya sendiri. Meski tahu itu milik orang mati, ia mengaku tidak merasa takut atau risih karena harus melakukannya untuk memberi makan keluarga.

zombie jualan baju bekaszombie jualan baju bekas Foto: Facebook


Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)