10 Tips Belanja di Pasar Tanah Abang Biar Nyaman

Tri Suharyati - wolipop Selasa, 18 Feb 2020 05:30 WIB
Pasar Tanah Abang kembali beroperasi normal setelah tutup beberapa hari imbas aksi 22 Mei. Warga pun menyerbu Pasar Tanah Abang untuk belanja jelang lebaran. Foto: Agung Pambudhy/10 Tips Belanja di Pasar Tanah Abang Biar Nyaman
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Tanah Abang? Terletak di Jakarta Pusat dan dikenal penjuru negeri sebagai tempat berbelanja paling lengkap dan murah.

Semuanya tersedia di Pasar Tanah Abang mulai dari pakaian, aksesori, perlengkapan rumah, dan lainnya. Maka dari itu Pasar Tanah Abang menjadi tempat favorit untuk berbelanja secara eceran ataupun grosir. Apalagi menjelang Ramadhan, Pasar Tanah Abang selalu ramai dengan masyarakat yang ingin belanja persiapan puasa.

Namun, untuk bisa berbelanja di Pasar Tanah Abang dengan nyaman dan mendapatkan harga murah ada beberapa tips yang bisa kamu lakuin nih.

1. Datang Pagi Hari

Kalau mau nyaman dan tenang belanja di Pasar Tanah Abang, kamu bisa mulai dari jam 06.00 sampai jam 10.00. Pertama, kamu masih bisa merasakan sejuknya pagi hari. Kedua, kamu tidak akan merasakan desak-desakan dengan pembeli yang lain. Dengan begitu juga kamu akan lebih bisa menjalin silaturahmi dengan penjual dan proses tawar menawar pun akan lebih mudah. Selain itu pembeli di pagi hari dinilai penjual sebagai penglaris jualannya.

2. Catat yang Akan Dibeli

Penting nih buat kamu untuk mencatat semua kebutuhan yang akan kamu beli di Pasar Tanah Abang. Mengapa? Karena Pasar Tanah Abang menyediakan banyak sekali barang bagus dan murah yang bisa membuat kamu tergiur untuk membelinya.

Dengan adanya catatan kamu sudah mempersiapkan apa saja yang akan dibeli. Jadi kamu tidak akan tergiur dengan barang lainnya. Dengan begitu, kamu dapat menghemat uang.

3. Siapkan Uang Tunai

Ternyata di Pasar Tanah Abang hampir semua pedagang tidak menyediakan pembayaran nontunai loh. Jadi, kamu harus mempersiapkan uang tunai agar lebih mudah untuk bertransaksi dengan pedagang. Hal ini dikarenakan beberapa pedagang kurang paham dengan penggunaan teknologi pembayaran nontunai, maka dari itu pedagang lebih melayani pembayaran tunai agar lebih mudah.

4. Mengetahui Denah Pasar

Ini sangat penting buat yang belanja di Pasar Tanah Abang. Kamu harus mengetahui denah yang ada di Pasar Tanah Abang. Jika kamu sudah menguasai denah pasar, kamu akan lebih mudah untuk berbelanja.

Ada juga tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan harga lebih murah, misalnya Blok A dan Blok B. Keberadaan Blok A dan Blok B ini terletak di paling dalam pasar, sehingga semakin dalam pasar harga yang didapatkan lebih murah karena tidak bersaing dengan pembeli dan pedagang lain.

5. Membeli Barang Dengan Jumlah Banyak

Pasar Tanah Abang memiliki stok barang yang cukup banyak, sehingga untuk kamu yang ingin berbelanja tidak perlu khawatir kehabisan barang. Selain itu dengan membeli barang dengan jumlah yang banyak, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan kamu hanya membeli jumlah eceran.

6. Jangan Membawa Anak Kecil

Membawa anak kecil ke Pasar Tanah Abang akan membuat kamu kesulitan untuk berbelanja. Hal ini disebabkan karena kondisi pasar yang ramai bisa membuat anak kecil jadi hilang, menangis, dan menyulitkan dalam berbelanja. Jadi, agar lebih tenang dalam berbelanja sebaiknya tidak membawa anak kecil yaa.

7. Bawa Tas Belanja Bahkan Koper

Saat berbelanja di Pasar Tanah Abang tidak sedikit barang yang dibeli. Untuk mempermudah kamu membawa barang bawaan, disarankan membawa tas belanja yang besar bahkan koper. Dengan begitu barang yang sudah kamu beli bisa disimpan di tas tersebut. Jadi, tangan kamu tidak akan pegal dan kesulitan membawa barang bawaan kamu.

8. Memakai Pakaian Nyaman

Ini juga sangat penting buat yang mau belanja ke Pasar Tanah Abang. Kamu harus menggunakan pakaian yang nyaman. Pasar Tanah Abang akan terasa sangat sempit dan gerah saat jam sibuk. Pakailah pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat kamu merasakan kegerahan, agar kamu lebih nyaman untuk berbelanja.

9. Gunakan Tas Pinggang

Menggunakan tas pinggang saat berbelanja akan membuat kamu terhindar dari hal-hal jahat seperti pencopetan. Pencopetan akan terjadi saat kamu lengah ketika berbelanja. Maka dari itu gunakan tas pinggang agar pencopet sulit menggapai tas kamu.

10. Menggunakan Transportasi Umum

Tips belanja di Pasar Tanah Abang lainnya yakni gunakan transportasi umum. Memang Pasar Tanah Abang menyedikan lahan parkir untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi. Namun, hal tersebut akan menyulitkan diri sendiri. Pasar Tanah Abang merupakan tempat yang ramai dan padat. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi akan membuang waktu kamu hanya karena mencari lahan parkir. Jalan keluarnya adalah gunakan tranportasi umum seperti angkot, Commuter Line, dan TransJakarta. Selain murah, kamu akan lebih cepat dan terhindar dari macet. Kalau naik Commuter, hindari pulang bareng orang kerja. Kamu harus pulang sebelum jam 4 sore. Selamat belanja!



Simak Video "Seru! Acara Pixy Steal the Spotlight Medan Dipadati Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)