Khawatir Virus Corona, Begini Antrean Beli Masker di China-Singapura

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 30 Jan 2020 19:01 WIB
orang pakai masker Foto: shutterstock
Jakarta -

Merebaknya virus Corona yang mematikan membuat banyak orang takut tertular. Berbagai tindakan pencegahan pun dilakukan termasuk dengan memakai masker hidung dan mulut. Hal ini menyebabkan larisnya penjualan masker hingga membuatnya terjual habis di toko-toko. Tak pernah terjadi sebelumnya, banyak orang bahkan mengantre panjang untuk mendapatkan persediaan masker.

Berdasarkan laporan netizen di media sosial, antrean untuk membeli masker di sejumlah daerah mulai menggila. Dikatakan bahkan mereka tetap mengantre ketika persediaan masker sudah habis. Pemandangan tersebut paling banyak terlihat di China, negara di mana virus Corona baru ini pertama kali ditemukan.
Dalam sejumlah postingan yang viral, orang mengantre bahkan berkelahi untuk mendapatkan masker.


Banyaknya orang yang ingin beli masker bahkan membuat sebagian memilih untuk langsung ke pabriknya.


Tak hanya di China, di negara-negara lain yang sudah tertular virus Corona, ketersediaan masker juga mulai menipis. Di Hong Kong, sebuah foto menunjukkan bagaimana mengularnya antrean beli masker. Hal ini juga terjadi di berbagai mal. Dilansir Business Insider, setiap toko yang punya stok masker pasti akan langsung ramai antrean pembeli. Antrean pun tidak terlihat di satu lantai saja.


Dilaporkan jika pembeli bisa mengantre hingga berjam-jam. Beberapa orang bahkan tampak membawa kursi sendiri agar tidak terlalu pegal ketika mengantre. Tapi sayangnya tak sedikit dari mereka yan harus pulang dengan tangan kosong. Selain terjual habis di banyak toko, kelangkaan dan meningkatnya persediaan masker membuat harganya naik hingga tiga kali lipat di sejumlah tempat.

(ami/ami)