Jual Perabot Mahal Kurang Penting, Online Shop Marie Kondo Dibilang Ironis

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 20 Nov 2019 13:21 WIB
Foto: The Shop at KonMari Foto: The Shop at KonMari

Jakarta -

Marie Kondo dikenal sebagai pelopor gaya hidup minimalis. Banyak orang mengikuti aturan-aturannya untuk rumah lebih rapi dan tidak sumpek dengan barang. Namun belakangan ia dinilai ironis ketika membuka online shop yang menjual berbagai perabotan. Netizen menilai jika barang-barang tersebut tidak menimbulkan kesenangan seperti yang selalu disarankannya.

Marie Kondo yang pertama kali dikenal setelah menulis buku 'The Life-Changing Magic of Tidying Up' di 2010 jadi panutan banyak ibu-ibu dalam membereskan rumah. Ia menciptakan metode KonMari yakni cara menata barang yang terdiri dari mengumpulkan, mengategorikan, lalu menyimpan hanya yang menciptakan kesenangan. Ia pun menganjurkan agar barang-barang tak terpakai dibuang saja.

Jual Perabot Mahal Kurang Penting, Online Shop Marie Kondo Dibilang IronisFoto: The Shop at KonMari
Karena itu, Marie Kondo mendapat kritikan dari netizen setelah melihat barang-barang yang dijual online shop-nya. Wanita asal Jepang tersebut menawarkan berbagai perabotan rumah, mulai dari alat masak, alat penyimpanan, alat mandi, dekorasi, hingga aromaterapi yang bertabrakan dengan aturan-aturannya.

Dalam situsnya, Marie mengungkap jika barang-barang tersebut bertujuan untuk membuat ruang untuk obyek, orang, dan pengalaman yang berkesan. Namun banyak yang menilai jika benda-benda tersebut malah terlihat ironis dengan apa yang diajarkannya sebelumnya.

Jual Perabot Mahal Kurang Penting, Online Shop Marie Kondo Dibilang IronisFoto: The Shop at KonMari


Beberapa barang yang dijual di The Shop at KonMari pasti bisa sangat berguna untuk gaya hidup minimalis dan rumah lebih rapi. Tapi beberapa orang menganggap sebagian produk juga kurang penting dan harganya mahal. Misalnya saja pisau pemotong keju seharga $180 (Rp 2,5), sandal dalam rumah seharga $206 (Rp 2,9 jutaan), sapu dan serokan kecil seharga $34 (Rp 470 ribuan), pembungkus buket bunga seharga $42 (Rp 550 ribuan).

"Ini tidak menciptakan kesenangan," "Ini adalah rencananya selama ini. Mengeluarkan barang sehingga kamu bisa membeli lebih banyak," "Jadi sekarang Marie Kondo ingin kamu untuk membeli barang sebanyak mungkin? #ironis," tulis para netizen di Twitter.

Jual Perabot Mahal Kurang Penting, Online Shop Marie Kondo Dibilang IronisFoto: The Shop at KonMari


Simak Video "Cara Bikin Produk Terlihat Lebih Menarik saat Jualan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)