Ini Asal Usul Hari Belanja Online 11.11 yang Terinspirasi Para Jomblo

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 11 Nov 2019 13:05 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Para penggila belanja mungkin telah menantikan hari ini sepanjang tahun di mana sejumlah e-commerce dan brand online menawarkan diskon besar-besaran. Sebagian orang mungkin mengira jika perayaan 11.11 diadakan karena tanggalnya yang cantik. Namun selain itu, harbolnas (hari belanja nasional) 11.11 ternyata terinspirasi para jomblo yang ingin menghibur diri mereka sendiri.

Harbolnas 11.11 pertama kali populer di China. Hari yang disebut 'Singles Day' atau hari untuk orang-orang jomblo ini diperingati sebagai hari 'anti-Valentine. Dilansir Telegraph, awalnya pada tahun 90an para mahasiswa di Universitas Nanjing lah yang merayakan hari libur 'bare stick holiday' tersebut dengan berbelanja untuk memanjakan diri mereka sendiri.

Kemudian momen itu diadopsi oleh situs belanja Alibaba pada 2009 untuk menawarkan diskon besar-besaran di satu hari saja. Ketika pertama kali dilakukan, penjualan Alibaba meningkat pesat. Sejak saat itu, banyak pihak lain melihat momen itu sebagai kesempatan untuk menaikkan penjualan terlebih hari tersebut berada di tengah-tengahan hari libur nasional seminggu di bulan Oktober dan musim Natal.

Setahun setelahnya, Alibaba menandai hari tersebut sebagai Singles Day. Situs belanja terbesar di China itu pun mempromosikan hal-hal terkait jomblo, misalnya bantal pacar hingga tiket untuk bepergian solo. Tak hanya untuk para jomblo dan situs belanja, pada akhirnya hari itu dimanfaatkan semua orang untuk menghadiahi diri sendiri maupun orang lain.

Kini 11.11 pun menjadi festival belanja global. Harbolnas 11.11 juga diterapkan di negara-negara lain seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan tentunya Indonesia. Di Indonesia selain diskon dan promo berbagai e-commerce memanjakan para pelanggan dengan penawaran cashback, flash sale, hingga ongkos kirim gratis.

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)