Suka Belanja Online Tengah Malam? Ini Alasan di Baliknya Kata Psikolog

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 13 Sep 2019 12:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Bukan rahasia lagi handphone sering jadi penghalangan tidur cukup dan berkualitas. Dan tak hanya itu, kebiasaan main handphone malam hari pun membuat banyak orang lebih boros. Studi mengungkap belakangan semakin banyak orang yang belanja online tengah malam. Bukan tanpa alasan, ternyata ada alasan psikologi yang mungkin melatarbelakanginya.

Sebuah riset yang ditemukan berbagai media Inggris mengungkap kenaikan tren belanja online pada malam hari, terutama setelah lewat tengah malam. Dikatakan jika memesan barang online di antara jam tengah malam hingga 6:00 meningkat 23% dari 2017 hingga 2018. Hal ini pun cukup mengejutkan mengingat waktu tersebut seharusnya digunakan untuk istirahat.

Penelitian tersebut pun mengungkap barang apa saja yang biasanya dibeli para pembelanja online tengah malam. Dikatakan jika jenis pembelian cukup beragam, mulai dari selimut tempat tidur, headphone, hingga tiket penerbangan. Psikolog Kit Yarrow pun berusaha mengungkap alasan berdasarkan pengamatannya.

"Aku pikir alasan nomor satu mengapa orang-ornag membeli tengah malam karena mereka bisa. Aku pikir mereka selalu menginginkannya tapi itu tidak bisa dilakukan hingga sekarang di mana teknologi dan ahli retailer menangkap keinginan konsumer," ungkap Kit kepada Money.

"Ya, kamu bisa belanja online beberapa tahun lalu tapi dulu lebih menantang dibanding sekarang. Sekarang benar-benar tidak ada hambatan dan kamu bisa belanja dan membeli di mana pun, bahkan di bawah selimut, dalam gelap, jam 2:00 ketika suami tertidur," lanjutnya.

Pembelanja online melalui handphone sudah cukup lama bisa dilakukan. Namun hal ini jadi tren belakangan ini tampaknya karena orang-orang baru benar-benar terbiasa. Dengan aplikasi dan media sosial, belanja online kadang terasa lebih nyaman di ponsel pintar.

Meski dilakukan tengah malam, tren ini tak selalu menghasilkan pembelanjaan yang tidak penting. Berdasarkan studi 60% wanita yang tidak mudah tidak di malam hari sering merasa stres setelah hari yang sibuk. Ketika itu, mereka beralih ke situs belanja online untuk memesan produk-produk yang dibutuhkan. Kebiasaan tersebut bahkan bisa membuat mereka tidur lebih cepat karena merasa lebih baik.

Selain itu, kebiasaan belanja ini bisa tercipta karena malam hari adalah waktu di mana banyak orang merasa cemas. Mereka pun berusaha menenangkan diri dengan berbelanja dari pada makan. "Kebiasaan ini lebih sering terjadi saat malam ketika orang-orang paling butuh ketenangan. Ini bisa terjadi ketika orang-orang kesepian, depresi, bosan, gugup," kata Kit.


Simak Video "Cerita Putri Tanjung yang Hobi Berburu Diskon Makeup Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)