Ada 5 Jenis Wanita yang Suka Belanja, Kamu Termasuk yang Mana?

Silmia Putri - wolipop Selasa, 16 Apr 2019 07:45 WIB
Foto: Dok. iStock Foto: Dok. iStock

Jakarta - Wanita mana yang tak suka belanja? Di era online seperti ini, proses belanja semakin mudah. Hanya dengan menggerakan jari-jemari, barang impianmu bisa dibeli dan dikirim ke rumah dengan cepat.

Namun, tak semua orang memiliki cara belanja yang sama. Ada orang yang impulsif saat melihat barang lucu, ada orangyang senang tawar menawar, ada pula orang yang tak bisa menahan diri saat melihat diskon.

Dilansir dari Lava Reviews, ada 5 jenis pembelanja dirangkum dari sejumlah penelitian tentang penasaran. Termasuk jenis yang manakah kamu?

1. The Impulse Shopper

Pernahkah kamu pergi ke mall, berniat hanya untuk membeli baju, tapi pulang membawa tas, celana, dan aksesori lainnya? Ini adalah ciri-ciri pembeli impulsif.

Mereka biasanya membeli barang di luar kebutuhan. Keinginan membeli barang tidak dapat terbendung dan spontanitas. Mereka juga selalu punya alasan untuk membenarkan keinginan untuk belanja, misalnya saja karena "barang ini lucu" atau "nanti juga butuh".

2. The Bargain Hunter

Kelompok yang satu ini takkan belanja tanpa diskon atau promo. Apalagi di dunia digital ini, para e-commerce berbondong-bondong memberikan penawaran promosi yang menarik mulai dari cashback hingga bonus suvenir.

Pemburu diskon akan berusaha keras mendapatkan harga terbaik. Mereka tak segan menunggu diskon di tengah malam, atau pergi ke bazaar dengan diskon besar, hanya untuk mendapatkan produk dengan harga murah.

3. The Educated Shopper

Tak bisa membeli produk tanpa membaca review terlebih dahulu? Bisa jadi kamu termasuk ke dalam kategori ini. The Educated Shopper benar-benar harus mengenal produk yang ingin mereka beli, agak tak menyesal di kemudian hari.

Dilansir dari Lava Reviews, para penjual atau marketer mengaku jenis pembeli seperti ini yang sulit dimenangkan hatinya. The Educated Shopper tahu betul mana barang yang ia butuhkan atau sekedar ingin saja.

4. The Negotiator

Kelompok yang satu ini berisi orang-orang yang suka sekali menawar harga. Mereka tak puas jika membeli barang dengan harga yang ditawarkan penjual. Tawar sebisa mungkin, agar tak rugi.

Selain menawar, kelompok pembelanja ini juga suka membandingkan harga di beberapa toko. Mereka hanya akan membeli barang di toko yang menawarkan harga lebih murah.

5. The Brand Loyalist

Saat ini, semakin banyak orang yang menjadi pelanggan setia sebuah merek tertentu. Di Indonesia, Ria Miranda merupakan salah satu desainer yang memiliki pelanggan sangat setia. Produknya bisa habis dalam hitungan menit setelah diluncurkan.

Pembelanja berjiwa royal memang tak pandang untung rugi untuk membeli produk dari brand kesayangannya. Biasanya ia menjadi member khusus, karena tidak mau terlewat koleksi terbaru brand pujaannya.
(sil/asf)