Ini Sebabnya Butik-Butik di Inggris Tutup Cermin dalam Kamar Ganti

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 08 Agu 2016 12:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mencoba sebelum membeli busana wajib dilakukan untuk memastikan jika baju pilihan memang pas di badan. Pelanggan biasanya juga ingin melihat bagaimana tampilannya saat pakaian tersebut benar-benar dikenakan.

Namun jangan terkejut bila Anda tidak bisa menemukan cermin saat membeli busana di sejumlah butik di Inggris. Menghilangkan cermin dalam kamar ganti ternyata sengaja dilakukan demi meningkatkan percaya diri.

Dilansir Cosmopolitan, sebuah studi pernah mengungkapkan jika 71% wanita di Inggris merasa minder ketika mencoba baju pilihan di kamar ganti. Demi membuat mereka lebih percaya diri dan nyaman dengan tubuh sendiri, beberapa pusat perbelanjaan pun memutuskan untuk menutup cerminnya. Sampai saat ini hal itu sudah dilakukan oleh tiga toko yakni Birmingham's Bullring, Bristol Cabot Circus, dan Croydon Centrle.

Langkah tersebut sepertinya memang ada benarnya. Kamar ganti yang sempit dan berpenerangan neon bisa membuat para wanita merasa minder dengan tubuhnya. Dalam ruangan tersebut tubuh terlihat sangat jelas sehingga menonjolkan kekurangan. Apalagi ketika mereka mencoba pakaian dalam atau bikini yang dapat semakin menurunkan percaya diri.

Cara ini mungkin tidak bisa mengatasi masalah penerimaan tubuh para wanita secara keseluruhan. Namun tidak melihat cermin saat berganti busana dapat mendukung wanita untuk membeli sebuah busana secara lebih objektif. Yakni dengan menanyakan pendapat teman atau keluarga sehingga tidak langsung menilai buruk sebuah busana karena tampilan tubuhnya. Ketika sudah selesai mengganti busana, Anda pun dapat membuka cermin untuk melihat hasilnya kemudian tutup kembali saat ingin membukanya. (ami/ami)