6 Kebiasaan Belanja yang Tidak Sehat untuk Kantung Anda Berdasarkan Riset

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 17 Feb 2016 11:11 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Belanja menjadi kegiatan rutin yang dilakukan para wanita. Bukan hanya untuk membeli kebutuhan makanan, wanita juga rajin mengunjungi pusat perbelanjaan demi memperbaiki koleksi fashion-nya. Sayangnya, kegiatan ini memang rentan menguras kantung sehingga dapat menyebabkan kondisi finansial jadi tak sehat. Sering mengalaminya? Hindari enam kebiasaan berikut ketika Anda mengunjungi tempat belanja:

1. Belanja Sebagai Hiburan
Saat ini belanja bukan hanya dilakukan untuk membeli barang-barang keperluan namun sebagai hiburan. Hal tersebut tentu bisa membahayakan kantung Anda karena biasanya mereka cenderung boros dan tidak punya daftar belanjaan. Berdasarkan penelitian, 61% orang yang beli barang tanpa daftar barang akan menambah satu hingga tiga item dalam belanjaannya.

2. Belanja Impulsif
Anda wanita milenial atau berusia 18 hingga 33 tahun? Hati-hati untuk tidak berbelanja secara impulsif atau semaunya berdasarkan kata hati. Menurut riset, milenial lebih gila belanja dari pada generasi lainnya. Jika bisa, hindari pula berbelanja 10 hari sebelum datang bulan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan situs Parenting, wanita juga lebih banyak membeli barang di saat-saat itu karena pengaruh hormon.  

3. Tergoda Free Shipping
Penelitian juga mengungkap bila pembeli sangat tertarik dengan penawaran pengiriman gratis di situs belanja. Kostumer bahkan akan membeli empat hingga lima kali lebih banyak terlebih jika barang yang ditawarkan harganya murah. Untuk meredam godaan tersebut, coba pisahkan keinginan untuk membeli barang dengan penawaran free shipping. Sebelum bertransaksi, tanyakan pada diri sendiri apa Anda akan tetap beli jika ongkosnya tidak gratis.

4. Buy 1 Get 1 Free
Penawaran beli satu gratis satu memang menggiurkan. Anda pasti langsung tergoda untuk membelinya karena berpikir akan mendapatkan satu buah barang secara gratis. Namun hal tersebut belum tentu terjadi. Sejumlah studi menyatakan jika banyak gerai menaikkan harga sebelum memberikan promo buy 1 get 1 free. Untuk itu, coba ketahui harga awalnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

5. Beli Karena Sale
Selain 'menipu' para kostumer dengan beli satu gratis satu, toko juga sering menaikkan harga sebelum mendiskon. Untuk itu, jika tidak benar-benar membutuhkan, hindari membeli sebuah barang hanya karena diskon. Terlebih jika item tersebut harganya mahal dan memerlukan perawatan khusus seperti harus di-dry clean.

6. Item yang Dibatasi
Sejumlah retailer ternama sering menerapkan aturan hanya boleh beli beberapa barang karena koleksinya terbatas. Namun hal tersebut malah bisa mendorong orang untuk lebih banyak membeli. Dengan begitu, para kostumer yang awalnya ingin membeli satu akan berpikir jika item-item tersebut memang bagus dan pantas didapatkan. (ami/ami)