ADVERTISEMENT

Hari Batik Nasional

Editor's Choice: Rekomendasi Busana Batik Modern yang Unik dan Stylish

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 02 Okt 2015 15:25 WIB
Dok. Situs Resminya
Jakarta -

Kreasi batik sebagai padanan busana modern kini semakin variatif saja. Batik kini tak hanya dikaryakan oleh desainer senior, namun juga para desainer muda lokal yang juga jatuh cinta kepada wastra nusantara ini. Kreasi batik modern pun tak hanya sekadar dari desain namun juga permainan motif yang membuat busana terlihat lebih wearable dan dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan. Berikut adalah koleksi batik modern dari brand-brand lokal rekomendasi Wolipop:

Sejauh Mata Memandang


Fashion stylist yang kini mendalami profesi desainer, Chitra Subijakto menyalurkan kecintaannya pada batik lewat labelnya yang bernuansa Indonesia 'Sejauh Mata Memandang'. Seluruh motif dikreasikan sendiri dengan teknik batik, seperti kapal laut atau ayam yang biasa ada di gambar mangkuk seperti yan diaplikasikan dalam rok midi seharga Rp 505 ribu ini. Selain di Instagramnya, beberapa koleksi Chitra juga dijual di situs belanja Bobobobo.

Kulo Project


Pemilihan motif dan perpaduan warna yang diaplikasikan desainer muda Sekar Larasati membuat batik dari label Kulo Project tidak tampak seperti batik umumnya. Selain karena cutting yang unik dengan teknik lipatan dan tabrak motif membuat koleksi tampak palyful dan menarik atensi untuk dipakai sehari-hari. Salah satu item yang menjadi favorit kami adalah atasan Grab Sampur seharga Rp 265 ribu yang bisa dipesan melalui akun Instagramnya.

Lulu Lutfi Labibi


Desainer berbasis di Yogyakarta ini memiliki desain yang unik dan modern, namun tak menghilangkan esensi etnik di dalamnya. Salah satu koleksi yang menjadi ciri khasnya adalah atasan batik dengan motif garis. Atasan dibuat dengan model lipatan-lipatan untuk kesan modern. Koleksi ini dapat dipesan melalui akun Instagram Lulu Lutfi Labibi.

Warangka Batik


Warangka Batik memadukan unsur motif batik tradisional pada desain busana yang modern dan minimalis, seperti dalam bentuk crop top berikut. Motif batik parang dikemas dalam material katun dengan potongan kerah high-neck yang kini menjadi tren. Padanan dengan celana pendek atau rok pensil bermotif senada akan memberi nuansa yang berbeda untuk busana sehari-hari Anda. Atasan satu ini dijual Rp 229 ribu di situs Bobobobo.

Cotton Ink


Label ready to wear Cotton Ink memiliki beberapa koleksi batik modern yang menarik. Salah satunya mengambil inspirasi dari bentuk kimono dalam warna indigo bernama Malioboro. Desain yang versatile ini dapat diaplikasikan dalam gaya kasual dengan blouse dan jeans, atau dress untuk memberi kesan formal. Batik berbahan katun itu bisa dibeli di situs Cotton Ink atau offline store yang berada di wilayah Kemang Timur, Jakarta Selatan seharga Rp 429 ribu.

Bateeq


Brand Bateeq memiliki koleksi bagi Anda yang menyukai penampilan feminin dan elegan. Dalam siluet dress aksen peplum yang klasik, corak yang terinspirasi dari motif rangrang ala Bali membuat penampilan lebih berwarna dan menarik atensi. Selain dapat melihat koleksi dress seharga Rp 579 ribu ini di store Bateeq, Anda juga bisa membeli secara online di situs belanja Zalora.

Oemah Etnik


Perpaduan warna monokrom seperti hitam dan putih membuat tampilan batik lebih modern dalam koleksi brand lokal Oemah Etnik. Sentuhan batik pun dikemas feminin lewat atasan minimalis, rok pensil atau dress siluet A-line yang tampil playful seperti dress seharga Rp 449 ribu ini. Koleksi Oemah Etnik dapat dipesan langsung melalui situs resminya.

(asf/aln)
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya