Liputan Khusus

58% Orang Merasa Penggunaan Endorse Artis Tak Mempengaruhi Minat Belanja

Dona Rema - wolipop Selasa, 02 Okt 2012 15:40 WIB
Dok. Detikfoto
Jakarta -

Secara teknis, strategi bisnis online dengan endorse artis banyak dilakukan oleh para pemilik online shop. Biasanya mereka mengirim foto produk kepada sang artis lewat Twitter. Setelah itu mereka tak lupa menawarkan endorsement kepada mereka. Jika sang artis merespon, pihak online shop akan meminta alamat mereka untuk dikirimkan produk dari online shop tersebut.

Mengetahui bahwa begitu banyak saat ini online shop yang endorse artis, apakah strategi tersebut mampu menyedot konsumennya menjadi lebih tertarik untuk berbelanja di online shop tersebut?

Berdasarkan survei Wolipop melalui media sosial, Twitter pada Senin (01/10/2012), dari 184 responden, sebanyak 58% responden menjawab bahwa penggunaan endorse artis pada online shop, tidak mempengaruhi mereka menjadi ingin berbelanja di online shop tersebut.

"Tidak, karena belum tentu juga barangnya cocok untuk kita," jelas Tissa (bukan nama sebenarnya) kepada Wolipop. Hal yang sama juga diungkap oleh Mona (bukan nama sebenarnya), "Kalau aku sih nggak ada efeknya. Kalau memang produknya bagus why not, aku kan beli barangnya bukan beli artis."

Sedangkan menurut 30% partisipan lainnya merasa penggunaan endorse artis pada online shop mempengarungi mereka untuk membeli produk di online shop tersebut. "Kalau saya iya," tulis Lisa (bukan nama sebenarnya) kepada akun Twitter Wolipop.

Namun bagi 17,3% responden sisanya mengatakan bahwa itu semua tergantung dari artisnya terlebih dahulu siapa. "Bagi saya liat-liat dulu siapa artisnya," ungkap salah satu sumber.

(rma/rma)