Jumat, 12/10/2018 15:06 WIB

Calon Pengantin Harus Tahu, 5 Cara Agar Akur dengan Calon Mertua

Daniel Ngantung - wolipop
Calon Pengantin Harus Tahu, 5 Cara Agar Akur dengan Calon Mertua Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernikahan bukan cuma soal menyatukan dua insan, tapi juga keluarga dari kedua belah pihak pasangan. Tak mudah memang, apalagi bila berurusan dengan calon mertua. Butuh cara pendekatan tersendiri demi merebut hati orangtua pasangan.

Tak akrab dengan calon mertua menjadi salah satu problematika yang sering menghantui calon pengantin. Hal itu disampaikan oleh Marketing Manager The Bride Dept Putri Adinda saat peluncuran buku 'The Ultimate Wedding Guide' di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga: Ramai #2019gantimertua, Survei: Mertua Paling Sering Picu Cekcok Suami-Istri

"Dari hasil riset kecil-kecilan terhadap followers kami di media sosial, masalah utama calon pengantin dalam persiapan pernikahan adalah finansial. Disusul kemudian, calon mertua," ungkap Putri.

Banyak di antara mereka, lanjut Putri, yang kewalahan mengakrabkan diri dengan orangtua dari calon suami maupun istrinya. Padahal, hubungan yang akur dengan mertua turut menentukan kebahagiaan pasangan saat membina rumah tangga kelak.

Dalam buku 'The Ultimate Wedding Guide' yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo itu, ada lima cara 'PDKT' alias pendekatan agar akrab dengan calon mertua yang bisa Anda tiru.


1. Luangkan waktu bersama

Me time bersama menjadi salah satu cara efektif untuk mengakrabkan diri dengan calon mertua. Misal Anda bisa mengajaknya ke salon atau spa. Di tempat seperti ini, komunikasi akan terasa lebih tenang. Suasana juga sangat mendukung untuk berbicara dari hati ke hati.

2. Ajak ke pameran pernikahan

Tak ada salahnya, mengajak calon mertua ke pameran pernikahan sambil melihat vendor-vendor yang sekiranya cocok untuk Anda dan pasangan. Jangan lupa minta pendapatnya agar dia merasa senang dilibatkan dalam persiapan hari bahagia Anda.

Baca Juga: Viral, Pengantin Gelar Pesta Pernikahan di Jakarta Tak Sampai Rp 50 Juta

3. Belanja bareng

Mendekati hari H, luangkan waktu untuk belanja bersama calon mertua. Sembari mencari kebutuhan untuk pernikahan nanti, Anda bisa menjalin komunikasi yang lebih intens. Calon mertua pun bahagia karena merasa berkontribusi dalam pernikahan tersebut.

4. Belajar mengalah

Penting untuk diketahui, jangan utamakan ego saat berusaha mengakrabkan diri dengan seseorang, termasuk itu calon mertua. Jangan memaksakan kehendak Anda, karena pernikahan ini bukan tentang Anda saja, melainkan keluarga dari dua belah pihak. Jadi, usahakan untuk tetap bijak dalam menerima masukan.

5. Mulai memanggilnya 'mama'

Bagaimana pun juga, calon mertua juga akan menjadi orangtua Anda sendiri. Maka, tak ada salahnya untuk mulai memanggilnya 'Mama' atau 'Papa' untuk ayah pasangan Anda jelang hari pernikahan. Dengan begitu, mereka akan tersentuh dan terharu melihat kesungguhan Anda dalam menyayanginya seperti orangtua sendiri.



Kamu kesulitan cari dana buat menikah? Bersama seva.id, detikcom menggelar program 'Mau Apa Aja Kita Kasih!'. Program ini memberi kesempatan kepada pembaca detikcom untuk mewujudkan beragam keinginan. Berbagai macam hadiah yang kamu minta akan dikabulkan. Kamu mau pesta pernikahan tanpa keluar biaya? Kita kasih!
Cara untuk ikut program Mau Apa Aja Kita Kasih! ini gampang banget. Untuk berpartisipasi dan selangkah lebih dekat ke impian kamu membuat pesta pernikahan tanpa keluar uang sedikitpun, kamu bisa menuju ke microsite bit.ly/mauapaajakitakasih dan mengikuti petunjuk yang ada. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com