Kamis, 11/10/2018 14:38 WIB

Jakarta Makin Panas, 6 Bagian Tubuh Ini Tak Boleh Dilupakan Dioles Sunblock

Kiki Oktaviani - wolipop
Jakarta Makin Panas, 6 Bagian Tubuh Ini Tak Boleh Dilupakan Dioles Sunblock Foto: dok. iStock
Jakarta - Cuaca di Jakarta dan daerah sekitar Jawa lainnya semakin panas beberapa hari belakangan ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan penyebab matahari yang terasa semakin terik.

"Kondisi cuaca panas dirasakan akhir-akhir ini. Pertama, gerak semu matahari ada di belahan bumi selatan. Tepatnya di atas Pulau Jawa. Sehingga, dirasakan oleh kita penyinaran matahari yang optimal," ucap Kabag Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko kepada wartawan di kantornya, Jalan Angkasa 1, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar tak lupa untuk menggunakan sunblock atau tabir surya. Sunblock berperan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa memicu kulit terbakar, penuaan dini bahkan kanker kulit.

Baca Juga: Jakarta Kini Lebih Panas, Ini Alasan Pentingnya Pakai Sunblock Tiap Hari

Penggunaan sunblock tak hanya di beberapa area terbuka saja, tapi juga di seluruh tubuh. Ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh dilupakan dioles sunblock.

1. Area Mata
Area mata kadang terlupakan dioleskan oleh sunblock, terutama area kelopaknya. "Sunblock dan kacamata hitam adalah perpaduan baik untuk menghalau matahari," ujar Dr. Anjali Mahto, dermatologoi dari British Skin Foundation seperti dikutip dari Net Doctor.

2. Kepala
Mungkin kamu tidak pernah menggunakan sunblock di atas kepala. Tapi saat panas tengah terik-teriknya seperti saat ini tak ada salahnya menggunakan sunblock di atas kepala, terlebih bagi kaum pria yang rambutnya sudah menipis. Bagi mereka berkepala botak, matahari akan semakin mudah menyengat di area atas kepala.

3. Area Telinga
"Ini adalah area berisiko tinggi, aku sering melihat bagian kuping memiliki freckles karena tidak terlindungi. Lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita, tapi semua orang harus waspada," ujar Dr. Anjali. Untuk itu area telinga hingga bagian belakangnya wajib dioleskan sunblock.

4. Punggung Tangan dan Kaki
Punggung tangan paling mudah berkeriput, untuk itu lindungi bagian tersebut dengan sunblcok. Area punggung kaki juga jangan dilupakan, terlebih jika kamu sering menggunakan sandal atau flat shoes.

Baca Juga: Merasa Jakarta Lebih Panas? Ternyata Ini Penyebabnya

5. Leher dan Dada
Area lain yang juga sering kali dilupakan saat pengolesan sunscreen adalah bagian dada. Untuk itu gunakan sunscreen di seluruh area tubuh sebelum kamu menggunakan baju. Menurut Dr. Anjali, area dada juga sering terbakar matahari terutama jika menggunakan pakaian terbuka di bagian leher dan dada.

6. Bibir
Sudahkah lip balm mu mengandung SPF? Jika belum, mulai pakai lip balm yang mengandung SPF agar bibirmu juga terlindungi dari matahari. Pastikan mengulangi penggunaan lip balm setelah kamu makan dan minum.





Tonton juga 'Netizen Salfok dengan Cara Pakai Sunblock ala Brooklyn Beckham':


(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com