Jumat, 21/09/2018 12:02 WIB

Sepatu Rusak Dijual Rp 7,8 Juta Ini Dianggap Melecehkan Orang Miskin

Eny Kartikawati - wolipop
Sepatu Rusak Dijual Rp 7,8 Juta Ini Dianggap Melecehkan Orang Miskin Superstar Taped Sneaker, sepatu dengan detail tambalan yang dijual jutaan rupiah. Foto: Dok. Golden Goose
Jakarta - Sepatu rusak yang dihiasi tambalan ini tengah menjadi kontroversi. Sneakers yang dijual seharga jutaan rupiah ini dianggap melecehkan orang miskin.

Adalah brand fashion high end Golden Goose yang merilis sneakers dengan kondisi kotor dan dihiasi tambalan tersebut. Sneaker ini menjadi kontroversi di dunia maya karena harga jualnya yang sungguh fantastis yaitu US$ 530 atau sekitar Rp 7,8 juta.

Superstar Taped Sneaker demikian nama seri sneakers dari brand asal Italia ini. Pada situs belanja Nordstrom ditulis sepatu kulit ini memiliki detail tambalan dan hadir dalam kondisi 'low profile'. Golden Goose sendiri memang dikenal dengan karya sepatu mereka dengan detail 'rusak'.

Sepatu terbaru dari Golden Goose ini oleh netizen dianggap mengolok-olok orang miskin. Brand high end tersebut dituding menjual kemiskinan dengan harga tinggi.

Baca Juga: Jokowi Effect, 1.000 Sneakers Made In Bandung Sold Out dalam 1 Jam

"here are people in the world wearing plastic bags as shoes because they can't afford any but these HIDEOUS things are selling for $500 the fashion industry is truly so fucking stupid it pisses me off like what the actual hell ??????!" tulis YouTuber populer Christine Sydelko di Twitter. Dia mengkritik Golden Goose karena sementara di dunia ini ada orang yang memakai plastik sebagai sepatu karena tidak mampu membeli alas kaki, brand tersebut menjual sepatu rusak dengan harga mahal demi fashion.




Kritikan serupa juga banyak datang dari pengguna Twitter. Netizen menganggap sepatu rusak ini merupakan cara orang-orang kaya 'merayakan' kemiskinan yang tidak pernah mereka rasakan.

Kontroversi ini membuat Golden Goose menarik gambar sepatu tersebut dari situs mereka. Namun pada sejumlah situs belanja online high end, sepatu Superstar Taped Sneaker ini masih dijual.

Sepatu dengan detail rusak bukan pertamakalinya dirilis Golden Goose. Sebelumnya kontroversi serupa juga pernah mereka alami pada 2016 saat merilis Distressed Superstar Sneakers seharga US$ 600. Pada saat itu brand tersebut membela diri dengan mengatakan bahwa look bergaya rusak dalam fashion tengah menjadi tren.

"Kami bangga menjadi pioner dalam membuat look bergaya 'rusak' ini menjadi booming, dan kini tren mode terbesar tahun ini," demikian pernyataan tertulis Golden Goose.

Golden Goose mengatakan jika harga yang tinggi disebabkan karena tiap sepatu dibuat dengan tangan di Venice. Mereka juga mengklaim memakai material terbaik meski penampakan sepatu seperti sudah lusuh dan rusak. (eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com