Jumat, 14/09/2018 18:05 WIB

Spa dengan Ikan, Kaki Wanita Ini Diamputasi

Kiki Oktaviani - wolipop
Spa dengan Ikan, Kaki Wanita Ini Diamputasi Foto: dok. iStock
Jakarta - Wanita ini berakhir dengan kaki yang diamputasi setelah melakukan fish spa atau perawatan kaki dengan ikan. Wanita bernama Victoria Curthoys itu melakukan fish spa saat berlibur ke Thailand.

Pada awalnya, wanita asal Australia itu mengalami infeksi tulang setelah menginjak kaca di 2006. Dokter mengamputasi kedua jarinya untuk menghentikan infeksi.

Empat tahun kemudian, saat berlibur di Thailand di 2010, Victoria penasaran dengan perawatan pedikur dengan ikan yang bisa membersihkan kulit mati di kaki. Kaki dicelupkan ke kolam yang berisi ikan air tawar.

Spa dengan Ikan, Kaki Wanita Ini Diamputasi Foto: dok. Victoria Curthoys


Namun, air tersebut ternyata telah terinfeksi dengan penyakit waterborne (penyakit yang ditularkan melalui media air). Bakteri di air tersebut kembali melukai luka operasi sebelumnya.

Setelah demam dan sakit yang berkepanjangan, dokter mendiagnosa Victoria mengalami infeksi tulang. Doker menyarankan untuk mengamputasi satu demi satu jari jemarinya sejak 2012.

Spa dengan Ikan, Kaki Wanita Ini Diamputasi Foto: dok. Victoria Curthoys


Hingga pada November 2017, dokter mengamputasi jari terakhirnya. Victoria pun memperingatkan agar waspada dengan spa kaki dengan ikan.

Tak mudah bagi Victoria untuk mengembalikan kepercayaan dirinya setelah kehilangan jari-jemarinya. Namun dia ingin tetap semangat dengan hidupnya.

"Dengan memposting foto kakiku di Instagram, aku berharap bisa meningkatkan kepercayaan diriku dan memiliki dampak positif bagi orang lain yang mungkin tidak bahagia dengan jari atau kakinya setelah diamputasi," ujar Victoria seperti dikutip Metro.

(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177