Jumat, 14/09/2018 17:07 WIB

Memanjakan Lidah (dan Hidung) di 'Surga Truffle' Devon Senayan City

Daniel Ngantung - wolipop
Memanjakan Lidah (dan Hidung) di Surga Truffle Devon Senayan City Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Aroma truffle langsung menusuk indra penciuman ketika hendak menyeruput secangkir hazelnut latte. Bukan latte biasa karena terbuat dari jamur truffle. Slrppp...

Truffle Hazelnut Latte, begitu nama minuman tersebut, adalah satu dari deretan menu andalan berbahan truffle yang ditawarkan Devon, sebuah kafe baru yang berlokasi di Lower Ground Senayan City, Jakarta Selatan.

Penampilan area depan Devon Senayan City, Jakarta Selatan.Penampilan area depan Devon Senayan City, Jakarta Selatan. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Berasal dari Sydney, Australia, kafe pertamanya di Indonesia ini bagaikan surga bagi para penikmat hidangan berbahan truffle. Selain Truffle Hazelnut Latte tadi, ada pula Truffle Fries, Truffle Benedict, bahkan Bakmi Truffle.

Rasanya wajar bila Anda mempertanyakan kenikmatan minuman berbahan truffle mengingat jamur yang satu ini lebih identik dengan makanan mewah. Namun, dari segi rasa, Truffle Hazelnut khas Devon ternyata tak mengecewakan.

Truffle Hazelnut Latte di Devon Senayan City.Truffle Hazelnut Latte di Devon Senayan City. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Ada perpaduan sensasi manis dan salty yang nikmat di lidah setelah menyeruput minuman berbasis kopi ini. Belum lagi aroma truffle yang kuat kian menggugah selera.

Rasa penasaran juga tertuju pada Bakmi Truffle. Apakah jadinya bila makanan yang biasa dijual di gerobak itu ditambah sentuhan truffle?

Sayang, Bakmi Truffle sedang tak tersedia saat Wolipop berkunjung di Jumat malam akhir Agustus lalu. Tak cuma itu, beberapa hidangan truffle lainnya yang ingin kami pesan seperti Truffle Soft Serve untuk pencuci mulut dan Truffle Benedict juga out of stock.

Memanja Lidah (dan Hidung) di 'Surga Truffle' Devon Senayan CityUltimate Croissant (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Menurut pramusaji, menu-menu tersebut habis karena laris terjual sebelum kami tiba. Tampaknya Devon harus lebih berantisipasi dengan menu-menu laris tersebut agar tak mengecewakan pengunjungnya.

Beruntung, kekecewaan kami terobati dengan Ultimate Croissant. Dibanderol Rp 220 ribu (sebelum pajak), croissant disajikan seperti sandwich dengan isian berupa bacon sapi, campuran jamur kancing dan enoki, telur orak-orik yang tumpah ruah dengan taburan parutan truffle. Porsinya cukup besar. Jadi pastikan perut dalam keadaan kosong sebelum menikmatinya.

Triple Mushroom Noodle.Triple Mushroom Noodle. Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Hidangan berbahan truffle yang juga tak boleh dilewatkan adalah Triple Mushroom Noodle. Bayangkan mie telur yang diolah seperti creamy pasta dengan tambahan truffle Australia dan telur setengah matang di atasnya. Sebuah opsi unik bila Anda ingin menikmati truffle dengan cara yang berbeda.

Dari banyaknya varian jamur, truffle memang punya keistimewaan tersendiri. Di balik bentuknya yang kurang menarik seperti gumpalan berwarna hitam, truffle memiliki rasa unik dan aroma yang kuat.

Jamur truffle yang berbentuk seperti gumpalan hitam. Jamur ini memiliki aroma yang kuat.Jamur truffle yang berbentuk seperti gumpalan hitam. Jamur ini memiliki aroma yang kuat. (Foto: Getty Images)
Penyebaran truffle sejauh ini sudah ada di lebih dari 36 negara. Tapi, jamur hitam truffle yang berkualitas paling baik masih ada dari Prancis. Tak heran bila harganya cukup menguras kantong.

Jamur truffle akan tumbuh secara alami di dalam tanah di akar pohon ek sehingga tak bisa dilihat dari luar. Biasanya, petani menggunakan anjing untuk mencari jamur truffle.

Kale & Cabbage Salad, menu sehat yang tak boleh dilewatkan.Kale & Cabbage Salad, menu sehat non-truffle yang tak boleh dilewatkan. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Kembali ke Devon, kafe ini juga menawarkan hidangan non-truffle yang sayang bila tak dicicipi. Pecinta makanan sehat wajib memesan Kale & Cabbage Salad yang hadir dengan brokoli dan dressing yang creamy serta taburan parmesan. Untuk side dish, tersedia pula Salted Egg Calamari.

Lost in Zen Garden, hidangan pencuci mulut jagoan Devon. Lost in Zen Garden, hidangan pencuci mulut jagoan Devon. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Lost In Zen Garden menutup sesi jamuan malam kami. Menu pencuci mulut jagoan Devon ini terbuat dari french toast bundar dengan tambahan es krim rasa zaitun yang nikmat dengan taburan remahan teh hijau serta edible flower. Tidak ketinggalan potongan jeruk dan kue kering sebagai garnish. Penampilannya sungguh Instagram-able.

Area dining di Devon Senayan City.Area dining di Devon Senayan City. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
Dari segi fisik, Devon juga tak kalah fotogenik. Interiornya yang bergaya minimalis kontemporer dengan sentuhan retro nan chic semakin membuat pengalaman kuliner di 'surga truffle' ini sekamin berkesan. Cukup sepadan dengan harga yang Anda bayar, sekitar Rp 300-400 ribu untuk seorang.

Memanja Lidah (dan Hidung) di 'Surga Truffle' Devon Senayan City(Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)
(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177