Senin, 10/09/2018 15:31 WIB

Laporan dari Polandia

Tantangan Pengusaha Kosmetik Eropa yang Ingin Ekspor ke Indonesia

Alissa Safiera - wolipop
Tantangan Pengusaha Kosmetik Eropa yang Ingin Ekspor ke Indonesia Foto: Thinkstock
Jakarta - Mayoritas muslim di Indonesia membuat produk berlabel halal menjadi sangat diminati sekarang ini. Bahkan di tahun 2020, pemerintah berencana membuat regulasi agar semua label kecantikan asing yang masuk Indonesia harus telah memiliki label halal pada tiap produknya.

Lantas, bagaimana pengaruh regulasi ini terhadap para eksportir asing?

Ketika berkunjung ke Polandia, Wolipop bertemu dengan pimpinan Polish Union of Cosmetics Industry, Blanka Chmurzynska-Brown. Menurutnya regulasi baru itu cukup membuat produsen takut mengekspor produknya ke Indonesia.

"Karena sampai sekarang kamu bisa melabeli produk halal tapi kamu tidak memiliki kewajiban untuk produk mana saja yang halal dan tidak. Menurutku itu bisa jadi masalah," ujar Blanka kepada Wolipop di Novotel Warsawa, Polandia, Rabu (5/9/2018).

Meski begitu, bagi beberapa produsen justru regulasi tersebut menjadi tantangan. Mereka makin tertarik mempelajari tentang produk dan sertifikasi halal di Indonesia.

"Salah satu anggota tadi bicara pada saya. Dia sangat tertarik memasarkan produknya di Indonesia, karena populasinya, marketnya, budayanya. Dia mengatakan akan memastikan dia memiliki segala persyaratan tersebut," lanjutnya.

Menurut Kilala Tilaar, direktur inovasi dari Martha Tilaar Group, di acara yang sama, sertifikasi label halal justru mdnjadi langkah untuk memajukan perekonomian Indonesia.

"Ini menjadi cara pemerintah Indonesia membatasi produk asing yang mau masuk. Jadi produk lokal bisa lebih banyak dan makin bersaing," pungkasnya. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177