Kamis, 30/08/2018 10:39 WIB

Aquafit, Opsi Olahraga Air yang Aman untuk Segala Umur

Daniel Ngantung - wolipop
Aquafit, Opsi Olahraga Air yang Aman untuk Segala Umur Foto: dok. Fitness First
Jakarta - Banyak jenis latihan fisik yang bisa Anda lakukan di kolam renang. Selain berenang, ada juga Aquafit yang melatih ketahanan fisik dan inti tubuh.

Diperkenalkan oleh brand kebugaran Fitness First, Aquafit merupakan latihan ketahanan tubuh yang menggabungkan gerakan tubuh bagian atas dan bawah dengan air sebagai medianya. "Gerakannya lebih berat karena ada resistensi air," kata Darma Putra, pelatih Aquafit Fitness First, Rabu (29/8/2018).

Penasaran? Ada tujuh gerakan dasar yang difokuskan pada kelas Aquafit Fitness First, antara lain squat, lunge, push, pull, hinge dan gait. Untuk hinge, gerakannya berupa membungkukkan badan atas ke depan dengan menekukkan bagian panggul secara tegak lurus.

Aquafit, Opsi Olahraga Air yang Aman untuk Segala UmurFoto: dok. Fitness First


Lalu gerakan gait mencakup berjalan, jogging, berlari, atau lari jangka pendek. Gerakan tersebut lalu divariasikan dengan posisi pulling, lunging, dan twisting.

Dalam satu sesi latihan berdurasi 50 menit, Aquafit bisa membakar 200-300 kalori bergantung intensitas gerakannya. "Jadi kalau mau lebih banyak kalori yang dibakar, gerakannya harus lebih intens," tambah Darma. Selain itu, latihan ini juga mengaktifkan bagian inti tubuh dan otot-otot.

Aquafit termasuk olahraga aman dilakukan baik yang berusia muda, maupun tua. Bahkan olahraga ini sangat dianjurkan bagi kaum lansia karena melatih kekuatan tubuh tanpa menggunakan alat-alat berat yang berisiko membahayakan persendian dan tulang. "Aman juga untuk ibu hamil. Siapa saja bisa, tidak harus bisa berenang. Asal tubuhnya tidak mudah hipotermia saja," kata Darma.

Kelas Aquafit tersedia di Fitness First Grand Indonesia dan Mal Taman Anggrek. Dalam kelas Aqaufit yang Wolipop coba di Grand Indonesia, sesi latihan diiringi musik bertempo cepat yang memompa semangat.

Idealnya, kelas Aquafit yang sudah digagas oleh Fitness First sejak empat tahun lalu dipandu oleh satu orang instruktur untuk maksimal 20 peserta. Tapi jika sudah cukup hafal dengan gerakannya, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa arahan pelatih. (dng/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com