Rabu, 22/08/2018 13:17 WIB

Facial Tradisional atau Laser? Ini Perawatan Kulit yang Dipilih Wanita

Silmia Putri - wolipop
Facial Tradisional atau Laser? Ini Perawatan Kulit yang Dipilih Wanita Ilustrasi facial wajah. Foto: thinkstock
Jakarta - Perawatan kecantikan sudah dimulai sejak zaman nenek moyang. Seiring dengan waktu, teknologi kecantikan semakin berkembang. Perawatan di klinik kecantikan tahun ini dengan lima tahun lalu sudah sangat berbeda.

ZAP Clinic bersama MarkPlus melakukan riset kepada 17.889 wanita di Indonesia tentang perawatan kulit yang sering mereka lakukan. Ternyata pilihan perawatan di klinik pun sudah sangat berbeda.

Lima tahun lalu, 58,6% responden memilih facial tradisional sebagai perawatan favorit di klinik. Hanya ada sekitar 10,6% wanita yang sudah melakukan perawatan laser wajah di tahun 2013.

Berbeda dengan tahun 2018, teknologi laser jadi perawatan paling favorit. Sekitar 36% wanita memilih laser wajah sebagai perawatan favorit mereka. Di era ini, pilihan perawatan pun sudah cukup banyak seperti rejuvenation hingga mikrodebramasi.

Namun meski pamornya turun, facial tradisional masih menduduki tiga terbesar perawatan kecantikan favorit tahun ini. Sebanyak 31,1% wanita Indonesia memilih facial tradisional saat mengunjungi klinik kecantikan.

Tren perawatan yang mulai naik pamor lainnya adalah menghilangkan bulu dengan laser. Tahun 2013, hanya ada 8% wanita yang memilih laser untuk menghilangkan bulu. Popularitas perawatan bulu dengan laser ini naik menjadi 29% pada tahun 2018.

Hal ini menandakan teknologi laser semakin banyak disukai oleh wanita Indonesia. Teknologi laser pun semakin bervariasi. Salah satu alasannya bisa karena laser tidak meninggalkan rasa sakit seperti facial tradisional atau cabut bulu secara konvensional. (sil/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177