Rabu, 15/08/2018 18:18 WIB

Dilarang Masuk Stadion Bola, Fotografer Wanita Liput Pertandingan dari Atap

Rahmi Anjani - wolipop
Dilarang Masuk Stadion Bola, Fotografer Wanita Liput Pertandingan dari Atap Foto: Instagram Guardian
Jakarta - Iran masih belum mengizinkan wanita untuk masuk ke stadion bola. Bukan hanya mereka yang ingin menonton tapi juga fotografer yang ditugaskan meliput pertandingan. Dilarang masuk stadion pun tidak menghalangi fotografer wanita Iran bernama Parisa Pourtaherian untuk menjalankan pekerjaannya. Tak hilang akal, ia pun naik ke atap bangunan terdekat agar bisa memotret jalannnya pertandingan yang bikin salut.

Momen-momen dalam pertandingan sepak bola liga nasional tentu tidak ingin dilewatkan seorang fotografer olahraga. Sayangnya, Parisa Pourtaherian tidak dibolehkan masuk ketika ingin mengabadikan laga yang berlangsung di stadion Vatani, kota Ghaemshahr. Parisa kemudian mencari atap terdekat yang memungkinkannya bisa ambil gambar. Atas usahanya ini, Parisa bukan hanya menuai pujian namun status sebagai fotografer pertama yang pernah meliput liga nasional.

Baca Juga: Salut! Wanita Ini Bisa Hadiri Wisuda Sehari Setelah Melahirkan

"Aku sedang ada di area tiga jam sebelum pertandingan berlangsung, mencari atap terdekat di mana aku bisa mengambil gambar. Aku mencoba untuk mempersuasi pemilik-pemiliknya untuk membiarkanku masuk tapi tidak ada yang memperbolehkan hingga setengah jalannya pertandingan, tapi akhirnya satu pemilik membiarkanku naik ke atas atap," ungkap Parisa kepada The Guardian.

Dilarang Masuk Stadion Bola, Fotografer Wanita LIput Pertandingan dari AtapFoto: Twitter
Inspirasi untuk memotret dari atap pun terlintas setelah mengingat jika banyak orang menonton dari sana pada musim lalu. "Aku pikir mungkin aku bisa pergi ke Ghaemshahr di musim baru dan mengambil foto dari atap.Karena posisi gedung dan pohon besar menutupi beberapa pemandangan lapangan bola, aku tidak bisa mendapatkan semua foto yang aku inginkan tapi aku bahagia bisa meliput setengah pertandingan," kata Parisa.

Meski cukup jauh dari lapangan bola, kehadiran wanita 26 tahun tersebut menarik perhatian para fotografer pria yang ada dalam stadion. Beberapa dari mereka pun mengabadikan pemandangan tersebut dan mempublikasinya di media masing-masing. Salah satunya media pun mengunggah foto Parisa tengah memotret pertandingan bola dari atap yang kemudian jadi viral di media sosial.

Sampai saat ini, sejumlah wanita diketahui sering menyamar menjadi pria untuk mencoba menonton pertandingan bola. Sayangnya, mereka akan ditahan hingga dipaksa keluar dari stadion jika ketahuan. Seorang sutradara Iran bernama Jafar Panahi bahkan di penjara hingga enam tahun dan tidak dibolehkan membuat film selama 20 tahun karena menampilkan sejumlah wanita yang mencoba masuk stadion.

Dilarang Masuk Stadion Bola, Fotografer Wanita LIput Pertandingan dari AtapFoto: Instagram Guardian
"Untuk sejumlah acara olahraga, seperti voli, basket, dan pertandingan atletik, batasan sudah lebih longgar dan wanita bisa masuk ke stadion. Tapi untuk pertandingan bola, batasan masih ada," tutur Parisa.

Baca Juga: Tak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar, Wanita Ini Raih Gelar Sarjana Usia 81

Parisa sendiri bekerja untuk agensi berita Photoaman yang mengkhususkan diri pada acara-acara olahraga. Ia pun pernah meliput pertandingan di Swedia, Jerman, hingga Australia. Wanita lulusan desain industrial di Universitas Theran itu pun memang menyukai olahraga yang kemudian membuatnya tertarik akan dunia fotografi.

"Harapanku untuk kami, para wanita, bisa diizinkan meliput pertandingan di stadium bola besar negaraku bersama rekan-rekan pria. Aku juga punya harapan pribadi yakni untuk bisa meliput paling tidak sekali dapat seumur hidupnya pertandingan klubfavoritmasakecilkuManchesterUniteddistadionOldTrafford. Aku akan melakukan apapun agar mimpi itu tercapai,"ungkapnya.
Dilarang Masuk Stadion Bola, Fotografer Wanita LIput Pertandingan dari AtapFoto: Instagram Guardian
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com