Rabu, 15/08/2018 11:41 WIB

Ngeluh Bayaran Vlogger Lebih Murah dari Artis, Selebgram Ini Panen Kritik

Hestianingsih - wolipop
Ngeluh Bayaran Vlogger Lebih Murah dari Artis, Selebgram Ini Panen Kritik Foto: Instagram/@jamescharles
Jakarta - Beauty vlogger James Charles membandingkan penghasilan yang didapat selebriti dan influencer dari endorsement di media sosial lewat akun Twitter. Akibatnya, salah satu selebgram terkaya ini dihujat netizen.

James Charles, sebelumnya masuk dalam daftar Instagram Rich List 2018, sebagai influencer dengan bayaran termahal sekali posting. Pria 19 tahun asal New York tersebut berada di urutan ke-6.

Seperti dikutip dari Daily Mail, terungkap bahwa James mematok harga endorsement sekitar USD 9.750 atau sekitar Rp 142 juta sekali posting bersponsor di Instagram. Pun begitu, James mengeluh kalau para YouTuber, influencer maupun selebgram tidak dibayar dengan layak.

"Baru saja baca artikel tentang pendapatan bersih youtuber dan cuma bisa tertawa betapa rendahnya perkiraan (harga) kami semua," tulis James di Twitter.

Dia melanjutkan cuitannya, "Media tradisional tetap tak peduli dengan fakta bahwa sebagian besar dari kita mengelola bisnis dan memiliki kedekatan yang lebih baik daripada selebriti (konvensional) tapi tetap saja daftar itu dibuat lol."

James juga mempertanyakan apa perbedaannya antara selebriti pada umumnya dengan bintang-bintang besar yang lahir dari YouTube. Menurut James, keduanya sama-sama memiliki bakat, dan jutaan orang juga menonton mereka.
Ngeluh Bayaran Vlogger Lebih Murah dari Artis, Selebgram Ini Panen KritikBeauty vlogger dan selebgram James Charles. Foto: Instagram/@jamescharles

"Dua-duanya punya endorsement deal dan bisa menjual produk, diekspos media, dibayar banyak... aku ingin tahu pendapat kalian," tukas James.

"Perbedaan besarnya adalah perbedaan harga dan respek. YouTuber membawa aset yang sama (kalau tidak lebih, karena dalam kebanyakan kasus kami lebih mudah didekati oleh follower) tapi kami dibayar "hanya sepersekian uang oleh pengiklan dan masih juga tidak dianggap serius oleh brand maupun media. Bikin frustasi," tulisnya lagi.

Cuitan James mendapatkan banyak simpati dari follower dan penggemarnya. Tapi tak sedikit pula yang mengritik serta tidak suka dengan sikapnya yang dianggap kurang berterima kasih dan terkesan sombong.

Salah satu pengguna Twitter menulis, "Ini tidak cakep. Jadilah dewasa dan rendah hati. Sebelumnya aku pikir kamu hanya arogan, tapi sekarang aku benar-benar tidak suka kamu. Dari banyaknya isu yang ada di dunia yang bisa kamu bahas, ini yang kamu pilih. Memalukan."

Netizen lain menanggapi cuitan James, "OMG, sangat menyedihkan... kamu sangat kaya raya tapi orang lain tidak melihatnya... patah hatiku."

"Oh permisi Tuan Richie Rich," tanggapan netizen lainnya.
Ngeluh Bayaran Vlogger Lebih Murah dari Artis, Selebgram Ini Panen KritikJames Charles dikritik karena mengeluh bayarannya lebih murah dari selebriti. Foto: Instagram/@jamescharles

Kritikan yang cukup menohok ditulis sejumlah pengguna Twitter yang menyebut bahwa YouTuber maupun vlogger tidak cukup berbakat dibandingkan selebriti konvensional. Apa kata mereka?

"Vlogging bukanlah bakat. Melakukan tantangan-tantangan bukanlah bakat. Melakukan prank bukanlah bakat. Unboxing bukanlah bakat, dan seterusnya," tulis seorang netizen.

Cuitan lainnya menulis, "Bukannya mau bilang tidak ada YouTuber yang berbakat atau selebriti yang tidak berbakat tapi jelas ada perbedaan yang besar terhadap apa yang dianggap menarik dalam medium yang berbeda."

Sekilas tentang Instagram Rich List 2018, daftar tersebut dirilis oleh Hopper HQ, sebuah mesin scheduling di Instagram. Daftar tersebut merilis deretan bintang yang mendulang pundi-pundi uang hingga jutaan rupiah lewat postingan di Instagram.

Ada delapan kategori yang dirilis dalam daftar, dibedakan antara selebriti dan influencer. Dari ranah selebriti, Kylie Jenner menduduki peringkat pertama sebagai selebriti berpenghasilan tertinggi di Instagram.

Sementara dari kalangan influencer kecantikan, Huda Kattan menempati posisi pertama, dan James Charles urutan keenam. Adapun kategori model, nomor satu ditempati Bella Hadid. Sementara kategori lifestyle juga ada Huda Kattan di posisi pertama.




Tonton juga 'Awkarin Dihujat karena Promo Pembesar Payudara Pakai Jarum Suntik':


(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com