Kamis, 09/08/2018 18:32 WIB

Kim Kardashian Berpotensi Bikin Rugi Saat Promo Produk di Instagram

Daniel Ngantung - wolipop
Kim Kardashian Berpotensi Bikin Rugi Saat Promo Produk di Instagram Foto: Getty Images
Los Angeles - Ketenaran Kim Kardashian memang sulit terbantahkan. Namun, kepopuleran Kim Kardashian ternyata tak menjamin keuntungan bagi perusahaan yang memakainya sebagai bintang iklan atau 'endorser'.

Melibatkan selebriti ternama sudah menjadi hal yang lumrah bagi perusahaan, terutama yang bergerak di sektor fashion, dalam strategi promosinya. Namun ternyata, strategi tersebut dinilai kurang efektif karena berpotensi mendatangkan kerugian bagi pengiklan.

Baca Juga: Bokong Jumbo Seperti Kim Kardashian Tak Lagi Diminati

Kim Kardashian bersama putrinya, North West, dan sang ibu, Kris Jenner, di iklan Fendi.Kim Kardashian bersama putrinya, North West, dan sang ibu, Kris Jenner, di iklan Fendi. (Foto: Dok. Fendi)
Dalam risetnya baru-baru ini, Spotted, sebuah firma penelitian dan data marketing, mengkaji keefektifan dari pemakaian selebriti dalam strategi promosi sebuah label fashion di semua platform termasuk Instagram.

Terdapat lebih dari 20 indikator yang digunakan Spotted, termasuk kelakuan buruk sang selebriti, skandal hingga pandangan politik mereka. Spotted juga mengukur seberapa sering faktor tersebut muncul, dampaknya, serta kemungkinan terjadinya risiko itu lagi di masa mendatang.

Riset tersebut menemukan lebih dari setengah strategi promosi atau endorsement memiliki nilai risiko di atas 50. Terungkap pula bahwa, Kim Kardashian yang memiliki 115 juta followers di Instagram adalah selebriti yang paling riskan untuk dijadikan bintang iklan, dengan skor mendekati angka 100.

Baca Juga: Beda Banget, Ini Foto Jadul Kim Kardashian Sebelum Kenal Bulu Mata Palsu

Kanye West dan Kim Kardashian saat menghadiri fashion show Louis Vuitton. Kanye West dan Kim Kardashian saat menghadiri fashion show Louis Vuitton. (Foto: Dok. Getty Images)
Sejumlah faktor yang terkait citra Kim di mata publik menjadi musababnya, antara lain foto kontroversial Kim saat topless hasil jepretan anaknya, hingga dukungan Kim untuk Jeffree Star menyusul komentar rasisnya. "Meski Kim Kardashian aktif mendukung 22 program amal, dia kekurangan kepercayaan konsumen," demikian bunyi pernyataan Spotted seperti dikutip Fashionista.

Sejumlah label dan rumah mode yang sudah teken kontrak dengan ibu tiga anak itu di antaranya Calvin Klein dan Fendi. Sebelumnya, sosok Kim juga pernah menghiasi iklan sepatu Skechers dan rumah mode Balmain.

Baca Juga: Adu Seksi Gaun Kendall Jenner dan Bella Hadid di Cannes

Kendall Jenner di fashion show Versace belum lama ini. Kendall Jenner di fashion show Versace belum lama ini. (Foto: Tristan Fewings/Getty Images)
Kim bukan satu-satunya selebriti yang riskan merugikan kliennya. Adiknya, Kendall Jenner, bersama tunangan Justin Bieber, Hailey Baldwin, masuk dalam daftar lima selebriti yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi citra perusahaan menurut Spotted. "Para direktur kreatif dari label high-end ini suka menyebut para selebriti sebagai 'muse'. Padahal itu adalah pilihan yang buruk," ujar CEO Spotted Janet Comenos.

Sementara itu, dari sekian banyak label dan rumah mode, Versace menjadi merek yang strategi promosinya terburuk karena lemah dalam hal 'kemitraan'. Dari riset Spotted, performa kampanye koleksi Spring 2019 Versace yang menampilkan model senior Christy Turlington disebut paling kurang berdampak.



Tonton juga video: 'Postingan Termahal! Kylie Jenner Masuk Instagram Rich List 2018'

(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177