Rabu, 08/08/2018 18:09 WIB

Inspiratif, Kegigihan Nenek 90 Tahun Belajar Bahasa Inggris dari Cucunya

Rahmi Anjani - wolipop
Inspiratif, Kegigihan Nenek 90 Tahun Belajar Bahasa Inggris dari Cucunya Ilustrasi nenek-nenek. Foto: ASHLEY ELIZABETH PHOTOGRAPHY/Huff Post
Jakarta - Mempelajari hal baru memang seharusnya tak mengenal usia. Anda yang butuh motivasi untuk kembali duduk di bangku sekolah atau ingin menguasai suatu kemampuan, patut menengok usaha nenek satu ini.

Di usianya yang sudah senja nenek 90 tahun berikut masih berkeinginan untuk belajar bahasa Inggris. Ia bahkan bertekad untuk cepat mahir sehingga bisa jadi penerjemah di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Bertekad untuk menggeluti profesi baru di usia yang tak lagi muda, nenek asal Jepang itu tentu butuh bantuan. Ia pun meminta sang cucu untuk memandunya belajar bahasa Inggris dari awal. Kegigihan sang nenek untuk belajar itu lalu didokumentasikan cucunya dalam akun Twitter @Grandma_English. Akun itu pun jadi perbincangan para netizen Jepang.

Sang nenek belajar bahasa Inggris setiap hari melalui aplikasi pesan Line. Dari cucunya, nenek tersebut diajarkan kata-kata baru bahkan dites mengenai 'pelajaran' sebelumnya. Agar pengucapannya lebih mudah dihapal, ia pun lebih sering menulis bahasa Inggris dengan huruf Jepang atau katana. Cara itu tampaknya cukup ampuh karena sang nenek dikatakan cepat menangkap.

Tak hanya belajar dari buku dan cucunya, nenek tersebut juga menambah pengetahuan bahasa Inggris dari televisi. Dalam percakapan yang diunggah di akun Twitter, ia mengaku jika mendapat kata-kata baru setelah menonton siaran berita internasional.

Belajar bahasa baru di usia tua tentu tidak mudah. Apalagi melalui gawai yang kadang sulit untuk dioperasikan orang tua. Nenek itu pun kadang mengalami kesulitan dalam membaca dan mengetik kata-kata. Meski begitu, ia tidak pantang menyerah dan jadi sulit belajar. Terbukti jika nenek sering menjawab pertanyaan dari sang cucu dengan benar.

Selain inspiratif, ia juga adalah nenek yang baik. Saat sang cucu tidak memberinya pelajaran bahasa Inggris melalui Line karena sakit, nenek pun jadi khawatir. "Kamu hidup karena tubuhmu. Pastikan kamu menyimpan kesehatan dan uang untuk bisa pergi ke Islandia lagi. Itu mimpimu dan mimpiku juga," kata si nenek dalam pesan.

Netizen pun kagum dan senang dengan proses belajar seorang nenek 90 tahun itu. Mereka pun melihatnya sebagai momen spesial antara cucu dan nenek yang bisa menguatkan hubungan mereka. Apalagi bukan hanya nenek yang dapat ilmu baru, cucu juga terlihat dapat banyak pelajaran dari mengajarkan neneknya. Tak heran jika akun itu kini punya lebih dari 15 ribu pengikut.


(ami/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177