Kamis, 02/08/2018 10:19 WIB

Pengaruh Zaman, Ini Beda Kebiasaan Baby Boomer Hingga Gen Z di Pagi Hari

Rahmi Anjani - wolipop
Pengaruh Zaman, Ini Beda Kebiasaan Baby Boomer Hingga Gen Z di Pagi Hari Foto: dok. Thinkstock
Jakarta - Setiap orang memulai harinya dengan berbeda. Selain kepribadian atau tradisi keluarga, hal tersebut terkadang juga dipengaruhi oleh faktor usia dan budaya generasi. Berdasarkan riset, setiap generasi pun memiliki kebiasaan di pagi hari masing-masing. Seperti apa?

Sebuah survei dilakukan MSN pada orang-orang Amerika lintas generasi. Terungkap jika generasi Z, millennials, generasi X, dan baby boomers punya kebiasaan masing-masing terkait bagaimana mereka menjalani pagi. Perbedaan yang paling mendasar adalah kapan mereka membuka mata. Berdasarkan riset, baby boomer-lah yang paling telat bangun.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sehari-hari Orang Sukses dan Kaya yang Patut Ditiru

Baby boomer yang lahir 1946 hingga 1964 memang kebanyakan sudah pensiun. Jadi tak heran jika mereka bangun lebih siang dari pada generasi bekerja. Dikatakan jika sepertiga dari mereka bangun di atas pukul 07:00 dibandingkan dengan 15% responden di bawah 65 tahun.

Meski bangun lebih siang, generasi baby boomer ternyata punya rutinitas pagi yang lebih sehat. Mereka yang berusia 65 tahun ke atas memulai hari dengan olahraga dan sarapan, dua hal yang sangar direkomendasi saat pagi. Pagi mereka juga tidak terlalu sibuk karena sudah menyiapkan baju di malam sebelumnya. 13% dari baby boomer juga masih menyempatkan diri untuk membaca koran.

Tak berbeda dengan generasi orangtua atau kakek-nenek mereka, generasi millennial sebenarnya juga membaca berita di pagi hari. Tapi golongan orang yang berusia 19 hingga 34 tahun itu membaca berita online dari gadget. Entah karena sibuk atau tidak terbiasa, millennial sayangnya jarang bahkan banyak yang tidak pernah sarapan.

Baca Juga: 12 Kebiasaan yang Dilakukan Orang-orang Sukses

Millennial dan generasi Z sudah tidak terlalu akrab dengan televisi. Mereka pun jarang memulai hari dengan menonton tak seperti generasi X dan baby bommer yang sering mengawali pagi dengan nonton berita. Masih merasa sehat dan tidak banyak waktu, sedikit pula millennial yang berolahraga di pagi hari.

Anak-anak muda juga diketahui tidak menjadwalkan aktivitas mereka di pagi hari. Hal itu berbeda dengan generasi sebelumnya yang terbiasa menjadwalkan keseharian untuk memastikan semua hal berjalan lancar.
(ami/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com