Jumat, 20/07/2018 09:12 WIB

Tantangan Fotografer Garap Pemotretan Iklan Asian Games 2018

Daniel Ngantung - wolipop
Tantangan Fotografer Garap Pemotretan Iklan Asian Games 2018 Fotografer Asian Games 2018 Nurulita Adriani Rahayu. Foto: Instagram/@nurulitanuli
Jakarta - Iklan kampanye Asian Games 2018 melibatkan forografer wanita Nurulita Adriani Rahayu. Sejumlah tantangan pun sempat mewarnai proses kreatif Nurulita bersama timnya.

Setelah mendapat tawaran dari panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) sekitar tiga bulan lalu, Nurulita pun langsung mempersiapkan tim untuk mengeksekusi proyek tersebut.

Dalam perjalanannya, kelahiran 6 Februari 1976 ini sempat menemukan berbagai tantangan. Salah satunya, mencari stylist atau penata gaya yang mau berkomitmen penuh untuk proyek ini.

"Tiga fashion stylist mengundurkan diri. Hahaha. Mungkin karena konsepnya agak berat," ujar Nurulita kepada Wolipop, Kamis (19/7/2018).
Tantangan Fotografer Wanita Garap Pemotretan Iklan Asian Games 2018Foto: Instagram (@asiangames2018/Nurulita)

Berdasarkan diskusi Nurulita bersama tim kreatif INASGOC, ide dan konsep dasar dari kampanye bertajuk 'Sambut Energi Asia' ini adalah mengangkat berbagai wajah dalam balutan busana bernuansa tradisional Asia dengan sedikit elemen kejutan, namun membawa alat olahraga dengan latar belakang destinasi wisata Indonesia yang eksotik. Di samping itu, lanjut Nurulita, kampanye Asian Games kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh Asia.

Baca Juga: Cerita Fotografer di Balik Kerennya Iklan Asian Games 2018

Sempat kewalahan mencari stylist, Nurulita 'diselamatkan' oleh kehadiran Erlangga S. Negoro. Untuk pemotretan ini, terdapat karya lima desainer Indonesia yang ditampilkan. Kelima desainer tersebut adalah Mel Ahyar, Albert Yanuar, Ghea Panggabean, Deden Siswanto dan label Hayati.
Tantangan Fotografer Wanita Garap Pemotretan Iklan Asian Games 2018Foto: Instagram (@asiangames2018/Nurulita)

Setelah pematangan konsep yang memakan waktu hampir sebulan lebih bersama penata gaya, makeup artist, hingga digital imaging artist, serta tim kreatif INASGOC, akhirnya lahirlah iklan kampanye yang terdiri dari enam foto.

Satu foto mewakili satu dari enam wilayah di kawasan Asia, yakni Asia Tenggara, Timur, Selatan, Tengah, Barat, dan Malenesia yang mencakup daerah-daerah di Flores, Timor dan Papua, termasuk beberapa kepulauan Asia yang sama corak budayanya.
Tantangan Fotografer Wanita Garap Pemotretan Iklan Asian Games 2018Foto: Instagram (@asiangames2018/Nurulita)

"Dalam satu foto itu ada perpaduan unsur dari berbagai negara di wilayah tersebut. Ini adalah tantangan terbesarnya. Selain itu harus memadukan dengan alat olahraga dan background yang cocok," ungkap alumnus Alumnus Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Baca Juga: Melihat Kerennya Karya Desainer Indonesia di Iklan Asian Games 2018

Bagi Nurulita, ini adalah proyek terbesar, menantang sekaligus menyenangkan yang pernah dijalaninya. Ia pun merasa bangga bisa terlibat dalam proyek kampanye pesta olahraga terbesar di Asia ini. Melalui kampanye ini, ia berharap masyarakat ikut tergerak untuk menyukseskan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.


Tonton juga video: 'Mural Asian Games Menjamur, Sandi: Murni Inisiatif Warga'

(dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177