Kamis, 19/07/2018 18:24 WIB

Cerita Fotografer di Balik Kerennya Iklan Asian Games 2018

Daniel Ngantung - wolipop
Cerita Fotografer di Balik Kerennya Iklan Asian Games 2018 Foto: Instagram (@asiangames2018/Nurulita)
Jakarta - Sudah melihat kerennya iklan kampanye Asian Games 2018 yang bertajuk "Sambut Energi Asia"? Mengangkat kekayaan budaya Indonesia, termasuk wastra Nusantara, iklan tersebut telah menuai pujian dari banyak pihak. Temui sang fotografer, Nurulita Adriani Rahayu.

Kepada Wolipop, Nurulita berbagi cerita soal proses kreatif di balik pembuatan iklan kampanye tersebut. Semuanya bermula sekitar tiga bulan lalu ketika Nurulita mendapat tawaran dari panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) untuk terlibat dalam proyek kampanye ini.

Baca Juga: Melihat Kerennya Karya Desainer Indonesia di Iklan Asian Games 2018

Iklan Kampanye Asian Games yang menampilkan busana tenun Toraja karya Mel Ahyar. Iklan Kampanye Asian Games yang menampilkan busana tenun Toraja karya Mel Ahyar. Foto: Instagram (Foto: Instagram/@nurulitanuli)

"Aku sebagai fotografer, mendapat brief konsep dan ide iklan ini, yaitu mengangkat berbagai wajah dalam balutan busana bernuansa tradisional Asia tetapi sedikit elemen kejutan, membawa alat olahraga dengan latar belakang destinasi wisata Indonesia yang eksotik," ungkap Nurulita yang dihubungi Wolipop, Kamis (19/7/2018).

Di samping itu, lanjut Nurulita, kampanye Asian Games kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh Asia. Setelah pematangan konsep yang memakan waktu hampir sebulan lebih bersama penata gaya, makeup artist, hingga digital imaging artist, termasuk tim kreatif INASGOC, akhirnya lahirlah iklan kampanye yang terdiri dari enam foto.

Satu foto mewakili satu dari enam wilayah di kawasan Asia, yakni Asia Tenggara, Timur, Selatan, Tengah, Barat, dan Malenesia yang mencakup daerah-daerah di Flores, Timor dan Papua, termasuk beberapa kepulauan Asia yang sama corak budayanya.

Baca Juga: 5 Karya Desainer Indonesia di Balik Iklan Keren Asian Games 2018

Karya Albert Yanuar di iklan kampanye Asian Games 2018. Karya Albert Yanuar di iklan kampanye Asian Games 2018. Foto: Instagram (Foto: Instagram/@nurulitanuli)
"Dalam satu foto itu ada perpaduan unsur dari berbagai negara di wilayah tersebut. Ini adalah tantangan terbesarnya. Selain itu harus memadukan dengan alat olahraga dan background yang cocok," ungkap fotografer kelahiran 6 Februari 1976 ini.

Salah satu foto yang bertajuk 'South East Asian' menampilkan model perempuan dalam balutan busana berbahan tenun Makassar dan Toraja dari label Happa rancangan Mel Ahyar. Dengan latar Candi Borobudur, sang model berpose sambil memegang busur panah.

Olahraga Bulu Tangkis yang dipadukan dengan busana khas Indonesia Timur juga diangkat iklan kampanye Asian Games 2018. Olahraga Bulu Tangkis yang dipadukan dengan busana khas Indonesia Timur juga diangkat iklan kampanye Asian Games 2018. (Foto: Instagram/@erlangga_sn)

Di foto lain yang menampilkan panorama Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul, Bali, sebagai latarnya, tampak model pria dengan kemeja hitam memegang dayung. Kemeja bergaya Cheongsam yang dihiasi bordiran emas berbentuk naga itu dirancang oleh Albert Yanuar.

Selain Mel Ahyar dan Albert Yanuar, kampanye ini juga menampilkan karya Deden Siswanto, Ghea Panggabean serta label Hayati. Bertindak sebagai stylist adalah Erlangga S. Negoro.

Saat diluncurkan beberapa hari lalu, kampanye ini sukses menuai respons positif dari masyarakat, terutama di jagad dunia maya. "Iya terharu banget. Asli... Dapet apresiasi dari beberapa instansi pemerintahan juga," kata Nurulita.

Posting sambil deg2an ahaha Terimakasih ya @monolight_ & @pingkyolvie 😙

A post shared by Nurulita (@nurulitanuli) on Sep 29, 2017 at 3:51am PDT



Alumnus Teknik Kimia di Institut Teknologi Bandung ini pun merasa bangga bisa terlibat dalam kampanye pesta olahraga terbesar di kawasan Asia itu. "Deg-degan sekaligus excited karena membawa nama bangsa. Ini proyek terseru dan terbesar yang pernah aku dapatkan," ujar Nurulita.


Tonton juga video: 'Mural Asian Games Menjamur, Sandi: Murni Inisiatif Warga'

(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com