Sabtu, 14/07/2018 19:07 WIB

Mana yang Paling Penting, Perawatan Kulit dari Dalam atau Luar?

Nabilla Nufianty Putri - wolipop
Mana yang Paling Penting, Perawatan Kulit dari Dalam atau Luar? Foto: Shutterstock
Jakarta - Perawatan kulit wajah memang sangat penting agar saat tua nanti kulit tetap sehat. Pasalnya, banyak wanita di usia menjelang 30 tahun sudah mulai merasakan penuaan dini. Misalnya kulit terlihat kusam dan terdapat kerutan di bagian mata. Maka diperlukan perawatan kulit wajah yang rutin. Namun manakah yang paling penting, perawatan dari dalam atau luar?

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, perawatan kulit dari luar maupun dalam keduanya penting. Perawatan dari luar seperti cream, filler, tanam benang, dan botox bisa menjadikan kulit wajah terlihat lebih muda. Namun faktanya menjaga kulit muka dari dalam juga sangat penting. Misalnya dengan menjaga asupan nutrisi sehari-hari

"Perawatan dari luar efeknya terlihat lebih cepat, tetapi tidak bertahan lama. Sedangkan perawatan dari dalam efeknya akan terlihat lebih lama akan tetapi tahan lama," dr Muliaman kepada Wolipop.

Faktanya kedua jenis perawatan ini sangat penting. Untuk perawatan dari luar, rajinlah membersihakn wajah dan gunakan sunblock, serum, pelembap, serta krim mata secara rutin. dr. Muliaman turut memaparkan perawatan dari luar yang bisa dilakukan misalnya olahraga sebaiknya menghindari aktivitas outdoor yang memerlukan tenaga besar. Yoga dan meditasi diyakini lebih memperlambat proses penuaan.

Sementara untuk perawatan dari dalam dianjurkan rutin minum air putih yang cukup, hindari makanan berminyak dan berlemak, serta mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan seperti buah dan sayur. Makanan yang tinggi asam lemak baik seperti ikan, alpukat, dan kacang-kacangan juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

Ada juga satu jenis makanan lain yang juga sangat memengaruhi kelembapan kulit, yaitu kolagen peptida yang terbukti secara klinis membantu kelembaban kulit. Kandungan ini bisa didapatkan pada Diva Beauty Drink yang juga mengandung antioksidan dari superfruit, yaitu acai berry, buah delima, biji anggur, dan acerola. (idr/idr)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177