Minggu, 08/07/2018 19:37 WIB

Masih Muda, Doktor Berhijab Ini Jadi Juara Kontes Science Dunia

Silmia Putri - wolipop
Masih Muda, Doktor Berhijab Ini Jadi Juara Kontes Science Dunia Hijabers Malaysia, Dr. Siti Khayriyyah Mohd Hanafiah, menyabet penghargaan World's Best Science Communicator. Foto: Dok. Facebook
Jakarta - Sebuah prestasi membanggakan ditorehkan hijabers asal Malaysia, Dr. Siti Khayriyyah Mohd Hanafiah. Wanita Melayu ini baru saja menyabet penghargaan sebagai World's Best Science Communicator pada kontes FameLab International ke-11 di Inggris.

Hanafiah mengalahkan 27 ilmuwan dari berbagai negara di dunia. Professor di School of Biological Sciences ini memukau juri dan audiens melalui presentasi tentang diagnosa antibodi pada penyakit TB (Tuberculosis).

Saat mempresentasikan hasil penelitannya, Hanafiah tampil sederhana dengan hijab segi empat, tunik dan celana lurus. Bertubuh mungil, presentasi ibu dua anak ini berhasil mencuri perhatian para juri di The Arena, Cheltenham.

Masih Muda, Doktor berhijab Ini Jadi Juara Kontes Science DuniaHijabers Malaysia, Dr. Siti Khayriyyah Mohd Hanafiah, menyabet penghargaan World's Best Science Communicator. Foto: Dok. Facebook

Foto: Cantiknya Hijabers Bandung yang Disebut Mirip Putri Marino

"Saya rasa, saya menang karena saya berbeda. Saya mencoba untuk menyentuh emosi audiens dan membuat mereka merasakan sesuatu. Para juri mengatakan ketenangan dan jiwa pemenang dalam diriku yang jadi alasan mereka memilihku jadi pemenang. Padahal saya tidak merasa tenang, atau merasa superior," tutur Hanafiyah dilansir dari About Islam.

Lulus S1 tahun 2009 jurusan Biomedical Science, International Islamic University Malaysia, Hanafiyah mengaku sangat menyukai biologi dan kesehatan. Ia pun menyelesaikan gelar master dua tahun selanjutnya di John Hopkins Bloomberg School of Publich Health Amerika dengan gelar Master of Science in Public Health (Delta Omega Alpha).

Saat menyelesaikan studi S2, Hanafiyah juga bekerja di WHO (World Health Organisation) sebagai salah satu bagian dari risetnya. Ia pun meraih gelar PhD di Macfarlane Burnet Institute di Melbourne Australia melalui riset di Beijing, China.

Kemenangan Hanafiyah disambut meriah oleh warga Malaysia. Penampilan berhijabnya juga tak kalah mencuri perhatian di The Arena, Cheltenham Inggris. Wanita ini mengaku kemenangannya adalah hasil dukungan dari berbagai pihak, terutama ibunya yang membantu menjaga kedua anak laki-lakinya yang masih kecil di rumah.


(sil/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com