Selasa, 03/07/2018 14:05 WIB

Pesan Najwa Shihab untuk Wanita yang Suka Merendahkan Diri Sendiri

Rahmi Anjani - wolipop
Pesan Najwa Shihab untuk Wanita yang Suka Merendahkan Diri Sendiri Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -
Wanita masih menemukan sejumlah kendala dalam menyetarakan dirinya dengan pria dalam berkarier. Menurut sejumlah penelitian, salah satu alasannya adalah wanita kerap menganggap rendah diri sendiri. Tak seperti pria yang sering mengakui kesuksesan, wanita lebih menganggapnya sebagai kerja bersama. Wanita juga cenderung tidak meminta naik jabatan atau gaji saat belum ada bukti prestasi. Mengenai hal ini jurnalis Najwa Shihab memberikan pesannya.

"Kita perempuan sering menganggap rendah diri sendiri. Kenapa kita tidak mau mengakui kesuksesan. Untuk perempuan kesuksesan sering berkorelasi negatif sedangkan pria positif. Kita sukses karena kita bisa dan kita sukses ketika kita mendukung perempuan lain juga," ungkap wanita yang akrab disapa Nana itu dalam talk show Viva La Donna yang diadaka Mestizo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pesan dari Sri Mulyani Hingga Najwa Shihab untuk Millennial Indonesia

Menurut produser televisi tersebut, ada kecenderungan wanita untuk menjatuhkan sesamanya. Padahal wanita sendiri sudah sering menganggap dirinya rendah. Ia pun menekankan pentingnya wanita untuk saling mendukung dan mementori.

Pesan Najwa Shihab untuk Wanita yang Suka Merendahkan Diri SendiriFoto: Foto: Ami Anjani/Wolipop
"Ada 'queen bee syndrome' di mana wanita sering kali menjatuhkan bukan mendukung sesama. Karena itu, kita harus saling support agar bisa sukses dan buat perempuan lain sukses dalam waktu bersamaan," kata Nana.

Baca Juga: 7 Fakta Ini Buktikan Najwa Shihab Sosok Wanita Inspiratif

Hal serupa ternyata juga terjadi di industri perfilman bahkan Hollywood sekalipun. "Kalau sutradara wanita menyuruh, mereka bilangnya, 'menurut saya, ini lebih baik ditaruh di situ'. Sedangkan sutradara pria langsung bilang, 'ini taruh di sini'. Aku juga ngomong begitu ke art director atau aktor senior. Padahal it's our right untuk bilang langsung tapi itu memang butuh proses," kata Nia Dinata yang juga hadir dalam talk show.
Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengakui jika wanita kadang perlu bekerja dua kali untuk bisa mencapai kesuksesan seperti pria. Menurutnya, wanita juga harus menjawab lebih banyak pertanyaan saat ingin mencapai sesuatu. Apalagi saat wanita tersebut sudah berkeluarga. Sri Mulyani pun membagi prinsipnya mengenai cara membagi diri antara karier dan keluarga. "Bikin prioritas, ambil mana yang probability-nya paling kecil," ungkapnya. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com