Senin, 02/07/2018 17:33 WIB

Viral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi Kontroversi

Anggi Mayasari - wolipop
Viral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi Kontroversi Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernikahan seorang gadis berusia 11 tahun dengan seorang pria berusia 41 tahun telah menyebabkan kegemparan di Malaysia dan memicu kemarahan internasional. Seperti dilansir dari Mirror, foto anak yang berpegangan tangan dengan seorang pria yang diketahui adalah suami barunya itu beredar luas secara online.

Pengantin pria, Che Abdul Karim sebelumnya sudah memiliki dua istri dan enam anak. Namun, orangtua pengantin wanita rupanya telah setuju untuk menikahinya dengan syarat putrinya tetap tinggal bersama mereka sampai berusia 16 tahun.

Che merupakan pedagang karet bekas yang dianggap relatif kaya. Ia pun mengklaim bahwa dirinya tak kawin lari dan telah menikahi gadis berusia 11 tahun tersebut dengan izin dari keluarganya.

Baca Juga : Dua Anak SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUA
Viral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi KontroversiViral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi Kontroversi Foto: Facebook

"Saya kecewa dengan berbagai kritik dan tuduhan yang dibuat terhadap saya di media sosial, setelah saya menganggapnya sebagai istri ketiga saya," katanya.

Che juga menambahkan bahwa dia tidak berniat untuk tinggal dengan gadis tersebut sampai berusia 16 tahun dan akan mendapatkan sertifikat pernikahan pada saat itu. Sementara itu perwakilan UNICEF di Malaysia, Marianne Clark-Hattingh mengungkapkan bahwa pernikahan tersebut tak dapat diterima.

"Ini mengejutkan dan tidak dapat diterima. Ini bukan demi kepentingan terbaik untuk anak. Ini adalah pelanggaran haknya," kata Marianne.

Baca Juga : Millennial Bilang Lebih Baik Menikah Muda daripada Zina, Ini Kata Psikolog
Viral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi KontroversiViral, Pria 41 Tahun Nikahi Wanita Berusia 11 Tahun Jadi Kontroversi Foto: Facebook

Di bawah hukum sipil, usia legal minimum untuk menikah di Malaysia adalah 18 tahun. Namun, anak perempuan dapat menikah pada usia 16 dengan izin dari pemerintah setempat. Sementara itu, hukum Islam juga menetapkan usia minimum 16 tahun untuk anak perempuan dan memungkinkan perkawinan lebih dini dengan izin ketetapan syariah.

Pemerintah Malaysia belum mencatat pernikahan Che dan telah mengadakan penyelidikan. Dipercaya bahwa upacara pernikahan tersebut berlangsung di Thailand.

"Dengan mengizinkan pria ini untuk menikahinya, kamubaru saja merampok masa kecilnya. Kita harus mengakhiri pernikahan anak. Ini mengerikan," komentar netizen Twitter @faizalhamssin. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177