Minggu, 17/06/2018 13:18 WIB

Kiat Melangsingkan Badan yang Menggemuk Setelah Lebaran

Daniel Ngantung - wolipop
Kiat Melangsingkan Badan yang Menggemuk Setelah Lebaran Foto: thinkstock
Jakarta - Perayaan Idul Fitri selalu penuh dengan hidangan-hidangan Lebaran yang menggugah selera, namun sekaligus berisiko menggemukkan tubuh. Selesai Lebaran, kini saatnya melangsingkan tubuh Anda.

Opor ayam, rendang, sayur labu, bebek cabai hijau atau makanan berlemak lainnya adalah penyebab dari naiknya berat badan. Belum lagi beragam kue-kue kering yang terbuat dari margarin, butter, gula dan keju bisa menjadi timbunan lemak di dalam tubuh.

Baca Juga: Mau Turunkan Berat Usai Lebaran Tapi Malas Olahraga? Ini Solusinya

Jangan sampai tubuh Anda justru menggemuk setelah mengurangi makan dan minum selama sebulan penuh. Dikutip dari Livestrong, berikut langkah jitu untuk menurunkan berat badan setelah Lebaran.

1. Sarapan
Jika Anda terbiasa melewatkan sarapan, ubahlah kebiasaan itu. Survei yang dilakukan oleh University of Colorado pada 2001 menunjukkan, sebanyak 78% pelaku diet yang berhasil selalu makan di pagi hari. Karena dengan begitu Anda memiliki energi untuk lebih banyak beraktivitas dan mencegah makan berlebih saat makan siang.

2. Makan dengan Porsi yang Sama
Setelah seminggu porsi makan Anda menjadi lebih banyak, maka akan susah untuk mengubahnya dalam sehari. Makanlah dengan porsi yang sama, tetapi ganti setengahnya dengan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Sepiring nasi dan sayur akan menjadi kombinasi yang sehat untuk tubuh Anda.

3. Banyak Beraktivitas
Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, maka lakukanlah di rumah. Lompat tali atau membeli DVD panduan aerobik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang dapat membantu menurunkan berat badan. Tetpai bagi Anda yang memiliki waktu luang, daftarlah ke kelas-kelas kebugaran agar lebih efektif.

Baca Juga: Foto: Adu Gaya Seragam Keluarga Artis di Lebaran 2018, Ashanty sampai KD

4. Hitung Jumlah Kalori
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kaiser Permanent Center for Health Research, menghitung jumlah kalori sangat penting bagi pelaku diet. Dengan memiliki daftar jumlah kalori yang Anda makan setiap hari akan membantu untuk lebih memahami berapa jumlah kalori yang sebenarnya dibutuhkan.

5. Berpikiran positif
'Diet adalah hal yang menyakitkan', bila ini yang ada dalam pikiran Anda maka tidak heran bila program diet tidak pernah membuahkah hasil. Ubahlah pandangan negatif itu menjadi sesuatu yang positif. Memahami diet sebagai sebuah pola hidup yang sehat akan membantu Anda menerima aturan-aturan diet. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com