Sabtu, 26/05/2018 12:45 WIB

3 Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah Terkumpul

Rahmi Anjani - wolipop
3 Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah Terkumpul Foto: Thinkstock
Jakarta - Bulan Ramadan ini mungkin Anda punya rencana untuk pulang kampung atau mempercantik rumah. Meski ada THR dan sudah menabung lama, tak jarang rencana tersebut belum tentu tercapai karena kekurangan uang. Menabung memang kadang tidak mudah. Selain godaan untuk belanja barang kurang penting, banyak orang melakukan kesalahan dalam mengumpulkan uang. Berikut tiga kesalahan menabung tersebut:

1. Hidup dengan Kartu Kredit
3 Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah TerkumpulIlustrasi kartu kredit. Foto: Ari Saputra

Canna Campbell adalah seorang pakar keuangan. Meskipun berstatus ibu tunggal, Canna sukses menabung hingga Rp 370 juta dalam 13 bulan. Ia pun membagi tips dan triknya dalam mengumpulkan uang. Salah satunya tentu adalah dengan mengurangi bahkan tidak menggunakan kartu kredit sama sekali.

Kartu kredit memang banyak keuntungannya. Selain mudah bertransaksi, kartu kredit juga sering memberi promo dan diskon menarik. Namun fasilitas tersebut sering membuat orang membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Apalagi jika Anda jarang mengecek berapa banyak uang yang sudah dihabiskan. Karenanya, gunakan kartu kredit dengan bijaksana jika tidak mau tabungan berkurang.

Baca Juga: Tips Menabung dari Wanita yang Sukses Kumpulkan Rp 370 Juta dalam 13 Bulan

2. Hanya Punya Satu Rekening Tabungan
3 Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah TerkumpulIlustrasi tabungan. Foto: Thinkstock

Anda mungkin berpikir jika mengatur keuangan akan lebih simpel dengan satu rekening. Namun menurut Canna punya beberapa rekening bisa lebih bermanfaat. Ia pun menyarankan untuk memiliki tiga rekening. Anda bisa menggunakannya untuk memisahkan uang kebutuhan per hari, minggu, dan bulan. Atau memanfaatkannya untuk menabung, pengeluaran sehari-hari, dan tabungan liburan.

3. Tak Punya Rencana Keuangan
3 Kesalahan Menabung yang Bikin Uang Kamu Susah TerkumpulFoto: Thinkstock

Tidak merencanakan keuangan dengan matang adalah sebuah kesalahan meski Anda rajin menabung. Rencana finansial akan membuat Anda lebih konsisten dan termotivasi untuk menabung.

Baca Juga: Pakai Cara Simpel, Wanita Ini Sukses Kumpulkan Uang Rp 486 Juta

Jika bisa, tetapkan jumlah tertentu yang ingin dicapai. Setelah tercapai, Canna menyarankan untuk menginvestasikan sebagian agar tabungan semakin bertambah. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com