Jumat, 18/05/2018 12:08 WIB

Viral, Curhatan Sulitnya Millennial Cari Kerja Ini Pasti Pernah Kamu Rasakan

Rahmi Anjani - wolipop
Viral, Curhatan Sulitnya Millennial Cari Kerja Ini Pasti Pernah Kamu Rasakan Foto: Thinkstock
Jakarta - Cari pekerjaan memang tak mudah. Apalagi untuk para pemula yang belum punya banyak pengalaman. Seorang pria pun curhat di media sosial mengenai sulitnya para millennial bahkan untuk mencoba melamar kerja sekalipun. Bukan hanya karena sedikitnya lowongan, tapi juga ketatnya kualifikasi yang ditetapkan perusahaan.

Adalah Deo Michael Rivera Llamas yang mengunggah sebuah foto beserta curhatan mengenai sulitnya mendapat kerja. Postingan di Facebook tersebut berisi tentang iklan sebuah lowongan kerja yang dilihatnya di jalan.

Saat dilihat sekilas mungkin tidak ada yang aneh dengan iklan di spanduk itu. Tapi jika dibaca lagi, lowongan ini menetapkan kualifikasi yang tidak masuk akal karena meminta pelamar paling tidak punya pengalaman 10 tahun di usia 25. Apa orang yang diterima di sana harus mulai bekerja di usia 15 tahun?

Baca Juga: 10 Profesi Impian Millenial dengan Gaji Bagus & Tingkat Stres Rendah

"Perusahaan zaman sekarang, 'kami butuh paling tidak 10 tahun pengalaman di usia 25 tahun'. Haha. Mengapa kamu berharap dan menuntut banyak dari pelamar? Beberapa pekerjaan pemula dituntut berpengalaman tapi bagaimana mereka bisa dapat pengalaman jika mereka tidak bisa dapat kerjaan karena tuntutan itu," tulis Deo Michael Rivera Llamas di Facebook.

Deo pun lanjut menjelaskan mengenai bagaimana sulitnya millennial dalam dunia kerja. Meski banyak dari mereka yang meraih pendidikan tinggi dan bekerja keras tapi gaji yang didapatkan tak seberapa.

"Apa kamu tahu generasi kita, generasi millennial, adalah generasi yang paling berpendidikan tapi kurang dibayar? Millennial kesulitan untuk mengejar apa yang mereka inginkan di kehidupan dengan semua halangan, belokan tanpa akhir, dan salah jalan," kata Deo.

Baca Juga: Bukan Hanya Gaji Besar, 5 Hal Ini Diinginkan Millennial Saat Mencari Kerja

"Tapi aku punya kepercayaan diri penuh dengan generasiku dan apa yang kita raih. Kita tahu apa yang kita inginkan dan kita punya kemampuan untuk mendapatkannya. Dengan atau tanpa pengalaman 10 tahun, masa depan adalah milik kita, dan kita pasti bisa!," lanjutnya.

Mengena di hati para millennial, unggahan Deo itu pun jadi viral. Banyak pula para pekerja muda yang mendukung dan setuju pemikiran Deo di kolom komentar. Beberapa netizen juga menulis pengalaman serupa mereka saat mencari pekerjaan. Salah satunya dari seorang pria yang justru dapat pekerjaan saat menentang kualifikasi tidak masuk akal tersebut.

"Aku bilang tidak ada orang di duniayangberkualifikasidenganekspektasimu karena tidak ada orang di dunia yang lulus di usia 15 dan mulai punya pengalaman hingga dia berusia 20 untukbekerjadiperusahaanmenyedihkanmu dengan gaji rendah. Ini tidak masuk akal. Lalu aku berdiri dan keluar ketika aku meraih pintu dia bertanya kapan aku bisa mulai bekerja,haha," tulis pria itu.
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com